Ditjen Hubla Gelar Perjalanan Balik Semarang-Jakarta Gratis

Kamis, 21 Juni 2018 – 19:32 WIB
Suasana pendaftaran perjalanan balik dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pelabuhan Tanjung Priok yang digelar Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla). Foto: Ditjen Hubla

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) mengadakan perjalanan balik menggunakan kapal laut bagi pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Acara itu diadakan secara gratis dan dikhususkan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

BACA JUGA: Puncak Arus Balik Lebaran Konsumsi Pertamax Meningkat 18 %

Sebelumnya, Ditjen Hubla sukses menggelar mudik gratis menggunakan kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas.

"Pelaksanaan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Jakarta ke Semarang terlaksana sukses, baik, dan lancar. Tidak ada permasalahan berarti yang ditemukan pada pelaksanaan mudik gratis sepeda motor tersebut," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo, Kamis (21/6).

BACA JUGA: Okupansi Mudik Gratis Arus Balik Capai 75 Persen

Dia menambahkan, tingkat keterisian kapal mudik gratis pada 9-13 Juni 2018 mencapai 78 persen.

Angka itu melebihi target yang ditetapkan sebesar 60 persen.

BACA JUGA: Puncak Arus Balik, PT KAI Tambah Gerbong

Agus pun mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti imbauan pemerintah untuk mengutamakan keselamatan dan mengurangi beban jalan raya melalui partisipasi dalam program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

"Saya optimistis untuk arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018 akan berjalan dengan sukses seperti halnya waktu arus mudik kemarin," ujar Agus.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Chandra Irawan mengatakan, pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Semarang ke Jakarta digelar pada 18-22 Juni 2018.

"Kami menyiapkan 16 kapal yang siap mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta," ujar Chandra.

Chandra memprediksi tingkat keterisian kapal mudik gratis akan tinggi.

Sebab, mudik gratis dengan kapal laut dapat membantu menjaga kondisi fisik para pemudik untuk kembali dan segera beraktivitas setelah libur Lebaran.

Di samping itu, untuk arus balik, Ditjen Hubla menyiapkan hadiah door prize seperti televisi, telepon genggam, dan voucher belanja yang diundi di atas kapal dalam setiap pelayaran.

"Menurut data yang kami miliki, jumlah pendaftar mudik gratis sepeda motor arus balik dari Semarang ke Jakarta mencapai 76.36 persen dan diprediksi akan terus bertambah," ujar Chandra.

Chandra juga mengajak masyarakat merasakan manfaat dari mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut.

"Bagi para pemudik yang ingin mendaftar dapat langsung mendatangi posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai 17 Juni 2018 pukul 08.00-16.00 WIB," terang Chandra.

Menurut Chandra, keterisian kapal tertinggi terjadi pada 20 Juni dan 22 Juni 2018 yang mencapai di atas 95 persen.

"Kami mengimbau para pemudik sepeda motor untuk arus balik dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Nikmati pelayaran mudik gratis dengan kapal agar tiba di Jakarta dengan aman, selamat, tertib dan nyaman," tegas Chandra. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polda Metro Catat 41,576 Pemudik ke Jakarta Pakai Kereta Api


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler