Diwarnai 2 Penalti dan 2 Gol Bunuh Diri, Indonesia Lumpuhkan Timor Leste 4-1

Kamis, 27 Januari 2022 – 21:29 WIB
Duel antara pemain timnas Indonesia (jersei merah) vs Timor Leste (jersei putih). Foto. Doc: PSSI

jpnn.com, BALI - Timnas Indonesia menang telak 4-1 qtas Timor Leste dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1) malam.

Penalti Pratama Arhan dan dua gol bunuh diri lawan membawa Indonesia menang denga margin tiga gol.

BACA JUGA: Terbongkar, Ini Masalah Besar yang Bisa Menghambat Karier Asnawi Mangkualam di Korea

Mengawali pertandingan dengan komposisi pemain tak jauh berbeda dengan Piala AFF 2020 lalu, Evan Dimas dan kawan-kawan tampil superagresif. serangan terus dilancarkan ke pertahanan Timor Leste.

Peluang didapatkan pada menit ke-4 melalui Irfan Jaya. Namun, sepakannya masih bisa diamankan barisan pertahanan Timor Leste. Dua menit berselang, giliran Dedik Setiawan menciptakan kans apik, tetapi bola masih menyamping.

BACA JUGA: Ayo Dukung Garuda Pertiwi, Klik di Sini Link Live Streaming Timnas Putri Indonesia vs Filipina

Timor Leste tak tinggal diam. Bekas provinsi ke-27 Indonesia itu membalas serangan dengan peluang bagus lewat Paulo Gali Freitas pada menit ke-9. Beruntung, sepakannya masih melambung.

Menit ke-11, Indonesia menyerang kembali via Edo Febriansyah. Namun, sepakan terarahnya masih bisa ditinju oleh kiper Timor Leste junildo Pereira.

BACA JUGA: Lawan Indonesia, Timnas Filipina Incar Kemenangan Besar

Dedik kembali membuat peluang lewat tendangan setengah salto menit ke-22. Tiang gawang menggagalkan sepakan apik pemain asal Arema FC tersebut.

Timor Leste tak mau terpaku begitu saja karena terus diserang.

Menit ke-26, Gali Freitas kembali mengancam. Beruntung, Alfeandra masih bisa bisa membuang bola.

Selang semenit, Elias Joao mengancam, tetapi tendangannya masih belum menemui sasaran.

Menit ke-34, petaka datang bagi Indonesia.Timor Leste melakukan serangan balik cepat memanfaatkan kesalahan bek Indonesia. Gol, Paulo Gali menjadikan Indonesia tertinggal 0-1 setelah sepakan cantiknya mengecoh Alfeandra Dewangga dan kiper Syahrul Tisna.

Indonesia tersengat dan mencoba untuk bangkit. Namun, buruknya penyelesaian akhir barisan penyerang tim Merah Putih menjadikan tiga peluang yang dihasilkan tidak ada yang berbuah gol.

Jelang injury time babak pertama, Indonesia justru kembali kecolongan. Serangan balik dari Paulo Gali membuat gawang Indonesia terancam sehingga Syahrul Trisna sampai harus melanggarnya.

Penalti bagi Timor Leste. Beruntung, Syahrul mampu menepis tendangan Mouzinho dan skor 0-1 tak berubah sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia langsung melakukan pergantian pemain. Pratama Arhan masuk menggantikan Edo Febriansyah.

Daya gedor skuad Garuda juga ditingkatkan dengan masuknya Ronaldo Kwateh menggantikan Ramai Rumakiek.

Adapun Hanis Saghara turut dimasukkan untuk menggantikan peran Dedik Setiawan.

Peluang pertama Indonesia pada babak kedua dihasilkan menit ke-57 saat aksi Ronaldo yang mengirimkan bola lambung bisa disundul oleh Irfan. Namun, bola masih bisa ditepis dan mengenai tiang.

Irfan kemudian mencoba menendang kembali dan lagi-lagi bisa diamankan oleh kiper Timor Leste Junildo Pereira.

Kerja keras Indonesia untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah hasil pada menit ke-65. Ronaldo Kwateh yang menerima umpan lambung dari tengah langsung mengirim bola menuju Kambuaya.

Pemain Persebaya itu lalu melepaskan sepakan kaki kiri kencang yang tidak bisa ditepis Kiper Timor Leste Junildo Pereira. Skor imbang 1-1

Untuk menambah serangan, Evan Dimas yang terlihat mulai menurun kondisinya ditarik ke luar lapangan.

Marselino Ferdinan masuk sebagai pengganti. Perubahan itu lumayan menambah daya gedor Skuad Garuda. Indonesia mendapatkan penalti menit ke-73.

Berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, bola disundul Hanis Saghara dan mengenai mistar. Bola memantul jatuh ke kaki pemain Indonesia yang langsung disodorkan ke Irfan Jaya.

Sepakan Irfan Jaya mengenai kepala pemain lawan dan memantul ke tangan pemain Timor Leste.

Handball yang terjadi itu membuat wasit menunjuk titik putih. Pratama Arhan yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan mencetak gol . 2-1 kali ini Indonesia berbalik unggul.

Tak butuh waktu lama bagi Indonesia menambah gol. Bermula dari lemparan ke dalam Pratam Arhan ke kotak penalti, bek Timor Leste salah komunikasi dengan kiper pengganti, Georgino Mendonca.

Bola coba ditepis, tetapi tak sempurna dan mengarah ke gawang sendiri. Gol bunuh diri menit ke-76 itu membuat Indonesia unggul 3-1.

Selang tiga menit, Irfan Jaya melepas crossing kepada Hanis. Bek Timor Leste yang berusaha menghalaunya malah mengarahkan bola ke gawang sendiri. Indonesia unggul 4-1 akibat gol bunuh diri lawan menit ke-79.

Setelah gol tersebut, Indonesia masih belum puas. Serangan terus dilancarkan oleh Skuad Garuda. Sepakan bebad Marselino Ferdinan masih bisa diamankan oleh Mendonca. 

Sampai laga usai, tifak ada lagi gol tambahan dan Indonesia berhasil memenangi laga kontra Timor Leste dengan skor telak 4-1. Catatan ini lebih baik dari pertemuan terakhir pada 2018 lalu yang hanya mampu menang 3-1. (dkk/jpnn) 

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler