Djokovic Waspadai Kejutan Cilic di Indian Wells

Kamis, 13 Maret 2014 – 14:40 WIB
Novak Djokovic mewaspadai kejutan Marin Cilic di Indian Wells, Amerika Serikat. Getty Images

jpnn.com - INDIAN WELLS – Novak Djokovic masih bisa tersenyum ketika melakoni laga melawan Alejandro Gonzalez di babak ketiga turnamen BNP Paribas Terbuka, Selasa (11/3) malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB di Indian Wells, Amerika Serikat. Walaupun harus berjuang tiga set, petenis yang akrab disapa Nole itu menang dengan 6-1, 3-6, 6-1 dan lolos ke babak keempat.

Namun senyuman itu tiba-tiba berubah menjadi wajah serius ketika ditanya tentang calon lawan yang akan ia hadapi di babak keempat, Marin Cilic, petenis pertama yang meraih rekor 20 kemenangan di tahun 2014 ini.

BACA JUGA: Evan Dimas Ulang Tahun, Hari Ini Berumur 19 Tahun

“Saya sempat kehilangan konsentrasi tadi. Tapi jelas hal ini tak boleh terulang lagi dalam pertandingan level seperti ini, terutama di laga selanjutnya melawan Cilic, pria yang tengah berada dalam performa terbaik semenjak bekerja bersama (Goran) Ivanisevic,” kata Nole dalam sesi konfrensi pers usai pertandingan, dilansir dari atpworldtour.

Bermain di lapangan utama Indian Wells Garden Tennis Garden, Nole yang juara tahun 2008 (menang atas Mardy Fish) dan 2011 (Nadal), sebetulnya bisa mengakhiri laga lebih cepat lawan Gonzalez. Unggul cepat 6-1 di set pertama, petenis putra nomor dua dunia itu masih mampu meladeni perlawanan Gonzalez di set kedua hingga kedudukan 3-3. Namun, konsentrasinya tiba-tiba buyar ketika lawannya yang asal Kolombia itu mematahkan servisnya untuk berbalik unggul 4-3. Nole akhirnya menyerah 3-6 sehingga laga harus berlanjut ke set penentuan.

BACA JUGA: Wawrinka Disingkirkan Petenis Afsel di Indian Wells

Di set ketiga, ia tak lagi membuat kesalahan serupa, dan unggul cepat untuk mengakhiri pertandingan dengan 6-1. “Butuh waktu sedikit lama untuk beradaptasi dengan permainannya,” kata Djokovic.

“Tapi saya pikir saya bermain baik sejak awal, sampai ketika tiba-tiba saya kehilangan konsentrasi dan membiarkannya untuk merebut set kedua tanpa alasan apapun. Saya bangkit kembali di set ketiga,” imbuhnya.

BACA JUGA: Pedrosa Percaya Diri Sambut Seri Pembuka

Sementara Cilic yang diunggulkan di tempat ke-24, merebut lima game beruntun antara set pertama dan kedua dalam kemenangan 6-4, 6-3 atas petenis rangking 16 dunia, Tommy Robredo dalam waktu hanya 82 menit. Cilic, mantan peringkat sembilan dunia, hanya sekali kalah dari 17 laga terakhir. Ia menembus tiga babak final bulan lalu, menang di Zagreb dan Delray Beach, dan runner-up di Rotterdam (kalah dari Berdych).

Kendati tengah berada dalam form terbaiknya, tapi Cilic punya rekor buruk setiap kali bertemu Djokovic (kalah tujuh kali dan tak pernah menang). Keduanya terakhir bertemu di turnamen Western & Southern Terbuka di Cincinnati, Agustus 2012 silam.

“Saya menghadapinya di beberapa tipe lapangan. Tapi  ia kini lebih agresif, dan menggunakan servisnya sebagai senjata. Saya juga melihat ia bergerak lebih baik di lapangan. Saya melihatnya meraih beberapa kemenangan besar. Ia mengalahkan (Andy) Murray di Rotterdam dengan straight set,” kata Nole ketika dimintai pendapatnya soal Cilic.

“Ia jelas bisa bermain, tak cuma itu, ia bisa menang lawan pemain top, itu kenapa saya tak sedikitpun memandangnya sebelah mata. Saya datang ke lapangan dengan kewaspadaan tinggi, dan akan mengeluarkan permainan terbaik untuk menang,” tandasnya.

Dari pertandingan lainnya di babak ketiga, Feliciano Lopez lolos ke babak keempat untuk pertama kalinya setelah 12 kali tampil di Indian Wells. Lopez menyudahi perlawanan Mikhail Kukushkin 1-6, 6-3, 6-4 dan akan berhadapan dengan Julien Benneteau yang menyingkirkan Dominic Thiem 7-6, 6-3.

Unggulan kesembilan, Richard Gasquet harus menelan kekecewaan karena tersingkir di tangan Fernando Verdasco 6-7, 2-6 di babak ketiga. Sementara Ernest Gulbis melepaskan 10 servis ace saat mengalahkan petenis muda Bulgaria yang sedang naik daun, Grigor Dimitrov dengan 2-6, 6-1, 7-5.

Gulbis akan meraih tiket perempatfinal ATP Masters kelima dalam kariernya jika mampu mengalahkan Roberto Bautista Agut di babak keempat nanti. (dim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Andrew Bynum Akhiri Kekalahan Beruntun Pacers


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler