Doa dan Duka Megawati untuk Sabam Sirait

Kamis, 30 September 2021 – 19:39 WIB
Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memimpin kader partai berdoa untuk almarhum Sabam Sirait. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memimpin kader partainya berdoa bersama untuk almarhum Sabam Sirait, Kamis (30/9). 

Doa bersama itu dilakukan di sela-sela rapat terbatas pemberian tali asih untuk keluarga ahli waris 201 kader PDIP yang meninggal dunia akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Megawati Minta Kader PDIP Rajin Menyantuni Masyarakat yang Mengalami Kesusahan

"Satu-satunya deklarator partai yang masih ada yaitu Bapak Sabam Sirait, kini juga telah meninggalkan kita semua. Dengan rasa dukacita, seluruh stakeholder partai juga mengucapkan dukacita mendalam," kata Megawati Soekarnoputri sebelum memimpin pembacaan doa. 

Hasto menegaskan menuturkan Sabam Sirait merupakan panutan partai.

BACA JUGA: Sabam Sirait Getol Tarik Megawati ke Politik, Klop dengan Jokowi

Menurutnya, pada zaman Orde Baru, dilakukan pemaksaan penyederhanaan partai politik melalui fusi.

Nah, kata Hasto, Sabam Sirait menjadi bagian dari perjuangan menghadapi hal tersebut.

BACA JUGA: Megawati Apresiasi PT KAI Bangun Patung Bung Karno di Semarang

Selain itu, katanya, Sabam juga tercatat tiga periode menjabat sekretaris jenderal partai yang kala itu masih bernama PDI. 

Dia menambahkan kiprah Sabam Sirait sangat melekat dengan PDIP.

Selain itu, katanya, Sabam juga cukup lama menjadi anggota DPR RI Gotong Royong sejak 1967 hingga 1982. 

Kemudian, Sabam menjadi anggota DPR dari PDIP pada 1999 hingga 2009. 

"Seluruh kader partai mengucapkan belasungkawa dan mendoakan beliau agar dilapangkan jalannya dan diterima di tempat yang terbaik di surga. Kemudian, keluarga mendapat rahmat penghiburan terbaik, dan kita pun dapat mewarisi seluruh nilai perjuangan beliau," kata Hasto. 

Doa secara khusus dibawakan oleh Ketua Bamusi Provinsi Lampung, Ustaz Suparman Abdul Karim. 

Tampak sesekali Ketum Megawati Soekarnoputri mengusap air mata saat doa dibacakan. 

"Kami berdoa keluarga besar kami yang wafat karena virus corona, khususnya bapak deklarator kami Bapak Sabam Sirait," ujar Ustaz Suparman dalam penggalan doanya. 

Doa dan penghormatan itu selain dihadiri Megawati dan Hasto, juga diikuti oleh Wasekjen Sadarestuwati dan Ketua Bidang Organisasi DPP PDIP Sukur Nababan. 

Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) PDIP M.Prananda Prabowo dan Ketua DPR Puan Maharani juga hadir di acara itu secara virtual. 

Sejumlah kepala daerah termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu ikut hadir bersama ratusan pengurus daerah partai dari seluruh Indonesia. (boy/jpnn) 

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler