Dokter: Cacar Monyet Bisa Dicegah dengan Pola Hidup Sehat dan Imunitas

Kamis, 12 September 2024 – 17:38 WIB
Penyakit cacar monyet. Ilustrasi: ROGER HARRIS / SCIENCE PHOTO LIBRARY)

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Atika Damayanti mengatakan imunitas tubuh yang baik dan menjaga pola hidup sehat bisa menghindarkan seseorang dari cacar monyet (Mpox).

Dokter yang berpraktik di RSUD Budhi Asih DKI Jakarta itu menjelaskan penyakit yang timbul akibat virus seperti Mpox umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, terlebih jika imunitas tubuhnya baik.

BACA JUGA: Dinkes Jateng Sebut Penyakit Cacar Monyet di Brebes Masih Dugaan

"Sebenarnya secara umum penyakit virus ini self-limiting (bisa sembuh dengan sendirinya). Misalnya Covid-19, cacar dan lain-lain, kalau imun kita bagus, enggak usah khawatir," kata
Atika dalam diskusi daring yang digelar Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis.

Mpox juga seperti itu. "Dia bisa 'self-limiting disease'. Mpox juga sebenarnya 'fatality'-nya nggak tinggi," katanya.

BACA JUGA: Hasil Swab Warga Palembang Diduga Suspek Cacar Monyet Negatif

Karena itu, vaksin Mpox juga masih terbatas untuk kelompok tertentu. Misalnya, tenaga medis, lelaki yang memiliki riwayat seksual sesama jenis hingga penderita HIV.

Kendati demikian, Atikah mengimbau agar masyarakat bisa melindungi serta deteksi dini agar penyakit tersebut dapat segera ditangani dengan baik.

BACA JUGA: Satu Warga di Palembang Diduga Suspek Cacar Monyet

Apabila mengalami demam 1-3 hari, diikuti timbulnya kelainan kulit seperti bercak kemerahan. Lalu timbul lenting yang lama-lama berubah menjadi nanah dan akhirnya berubah menjadi koreng, maka masyarakat perlu segera memeriksakan diri.

Atika juga mengatakan timbulnya kelainan kulit pada penderita Mpox tak secepat penderita cacar atau campak. Dia juga mengingatkan, dari fase gejala hingga dua minggu, penyakit tersebut perlu diwaspadai karena masih menular.

Karena itu, pasien juga perlu berhati-hati agar tidak menulari orang lain. Apabila masih ringan, pasien masih diperbolehkan isolasi mandiri di rumah. Namun, jangan sampai berkontak dengan orang lain selama isolasi.

"Kalau merasa bergejala, lakukan tindakan pencegahan dengan cara cairan tubuh dan luka-lukanya jangan kontak dengan orang lain. Bisa isolasi mandiri untuk meminimalisir penularan,” kata Atika.

Bagi masyarakat yang masih sehat, Atika menyarankan agar tak lupa menjaga kebersihan terutama area tangan dengan rajin mencuci tangan.

Selain itu untuk tenaga kesehatan, Atika juga berpesan agar berhati-hati saat menangani pasien Mpox dengan tidak bersentuhan secara langsung dan tak lupa menggunakan alat pelindung diri. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bertentangan dengan UUD 1945, Revisi UU Pilkada Akan Cacat Hukum Kronis


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler