Dokter Grace Beri Saran Soal Area Kewanitaan, Awas Infeksi Bakteri

Jumat, 17 September 2021 – 16:42 WIB
Tangkapan Layar - Dokter Grace Hananta berbicara pada seminar bertajuk 'Pentingnya Edukasi Kesehatan Kewanitaan Saat Menstruasi' yang digelar secara daring, Jumat (17/9/2021). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Grace Hananta menyebut kebersihan area kewanitaan saat menstruasi harus lebih diperhatikan.

Pasalnya, saat datang bulan tingkat kelembapan area kewanitaan bertambah, sehingga meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti infeksi bakteri.

BACA JUGA: Menkes Ajak Masyarakat Bersiap Hidup Bersama COVID-19

"Saya kira penting sekali menjaga kesehatan area kewanitaan saat menstruasi, di mana risiko infeksi meningkat," ujar Functional & Integrative Medical Doctor, Hynotherapist, NLP & Hollistic Nutrition Coach ini.

Dokter Grace menyatakan pandangannya pada seminar bertajuk 'Pentingnya Edukasi Kesehatan Kewanitaan Saat Menstruasi'.

BACA JUGA: BNPT Berencana Pulangkan Anak WNI Eks ISIS, Ferdinand Ingatkan Boy Rafli

Seminar digelar saat peluncuran Flowra Sanitary Pads, pembalut wanita berbahan natural yang ramah lingkungan dan tanpa bahan kimia oleh PT. Feniks Indonesia, secara daring, Jumat (17/9).

Dokter Grace kemudian menyarankan bagi kaum wanita mengganti pembalut setiap 3–4 jam sekali.

BACA JUGA: Ternyata ini yang Jadi Alasan RKS Dukung Sandi Maju Pilpres 2024

Pilih pemebalut yang berbahan natural serta tidak mengandung pemutih, klorin, kertas daur ulang atau bahan kimia lain.

"Area kewanitaan juga harus dibersihkan dengan pembersih khusus kewanitaan berupa antiseptik yang pH-nya sesuai kondisi area kewanitaan,” ucapnya.

Pandangan senada dikemukakan pelatih Yoga Sylvia Hendarta.

Menurutnya, wanita butuh pembalut yang nyaman dikenakan dan dapat mengikuti gerak tubuh, sehingga memudahkan untuk beraktivitias saat datang bulan.

Menurutnya, datang bulan bukan halangan untuk tetap melakukan Yoga.

Hanya saja penting melakukan gerakan yang santai dan tidak terlalu berat.

"Yoga boleh dilakukan saat menstruasi. Bahkan, ada gerakan tertentu yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman seperti pusing, kram perut, kembung, atau pegal di pinggang."

"Gerakan yang dilakukan harus yang santai dan hindari melakukan gerakan core strenght selagi menstruasi,” ucap wanita penyandang gelar Diploma of Yoga dari Satyananda Yoga dan terdaftar sebagai E-RYT 500 di Yoga Alliance International.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Feniks Indonesia Sukses Allan Loi menyebut Flowra Sanitary Pads dibuat dari bahan alami.

Selain itu juga terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan tidak mengandung fluorescent atau bahan kimia termasuk klorin.

"Semua varian Flowra Sanitary Pads telah mendapatkan sertifikasi dan terdaftar pada Kemenkes–IPAK."

"Ini produk kebanggaan kami yang dapat membantu wanita Indonesia menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaannya serta tetap merasa nyaman saat menstruasi.”

"Flowra Sanitary Pad berdesain tipis dan ringan, sehingga memberikan sensasi seolah tidak mengenakan pembalut."

"Kemampuannya menyerap cairan empat kali lebih cepat dan tiga kali lebih tinggi dibanding pembalut lain yang beredar di Indonesia, memberikan perlindungan yang nyaman dan bebas dari rasa cemas," pungkas Allan Loi.(gir/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler