Dorong Nasionalisasi Inalum, Nurdin Digadang Maju Cagub

Jumat, 13 April 2012 – 01:53 WIB

JAKARTA - Sejumlah tokoh pemuda asal Sumut yang selama ini berdomisili di Jakarta, mendorong agar anggota DPR Nurdin Tampubolon, ikut maju dalam bursa pencalonan gubernur Sumut.

Bahkan, mereka telah mulai mengorganisir diri sebagai tim sukses anggota DPR dari dapil Sumut I itu. Dapil Sumut itu  meliputi Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Tebing Tinggi.

Salah seorang pemuda asal Sumut, Andy A, yang berperan sebagai inisiator pembentukan tim sukses Nurdin, mengatakan, Nurdin layak maju, dengan modal pendidikan, kecerdasan, keterampilan, dan kemampuan yang mumpuni sebagai seorang pemimpin.   Menurut Andy, Nurdin juga sosok  tokoh yang berdiri di atas semua golongan sosial, ekonomi, maupun politik.

”Jika  Bang  Nurdin Tampubolon  masih mau maju sebagai salah satu Calon Gubernur Sumatera Utara pada Pilgubsu 2013,  saya yakin  rakyat Sumut akan memberikan dukungan yang besar ,” ujar Andy saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (12/4).

Dijelaskan Andy, selama ini sosok Nurdin Tampubolon sudah memperlihatkan tipe kepemimpinan yang mampu menampung semua keragaman. Mulai dari suku bangsa, agama, lapisan ekonomi, hingga lapisan sosial politik.

Nurdin, mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu, juga dinilai sebagai  sosok pemimpin yang tidak akan mengumbar janji. Ketua DPP Partai Hanura itu, kata Andy, Nurdin merupakan tipe pemimpin yang lebih mengutamakan karya daripada kata.

Nurdin, yang duduk di Komisi VI DPR, menurut Andy, selama ini serius memperjuangkan bagaimana caranya supaya daerah Sumut  memiliki energi listrik yang berlebih. Dia yakin, konsen Nurdin di persoalan energi ini, akan mampu menyelesaikan persoalan listrik di Sumut.  "Kita memiliki  PLTA Asahan, dan sumber alam  masih banyak yang belum diberdayakan," kata Andy.

“Jika Nurdin  memimpin,  dia akan menjadikan Sumut  bisa mengekspor energi listerik ke daeral lain,” ujar Andy optimis.

Andy juga mengklaim bahwa Nurdin merupakan orang pertama di DPR yang menyuarakan kepada pemerintah untuk menasionalisasikan PT Inalum. Bahkan, Nurdin menyuarakan agar daerah ikut sebagai pemegang saham.

Dia menjelaskan, saat memimpin rapat membicarakan nasionalisasi Inalum menjadi milik nasional  di Komisi VI DPR,  Nurdin meyakinkan pemerintah dan DPR bahwa bangsa dan negara, termasuk daerah, akan memperoleh  keuntungan besar saat 100 persen Inalum diambil alih dari perusahaan Jepang pasca 2013 nantinya.

"Bang Nurdin juga sangat komit menjaga kelestarian Danau Toba. Sehingga supply air Danau Toba sebagai sumber air bagi Inalum   bisa terjamin,  aliran Sungai Asahan bisa terpelihara, serta  masyarakat di sekitarnya juga menjadi lebih sejahtera," beber Andy, penuh semangat.

Nurdin Tampubolon yang diminta komentarnya sebelum mengikuti sidang paripurna DPR soal RUU Pemilu, mengakui belum memikirkan untuk maju dan masih fokus menjalankan tugas sebagai wakil rakyat untuk menyuarakan aspirasi dan kepentingan daerah Sumut. "Belum kepikir ke sana, apalagi Pilgubsu tahun 2013, masih jauh,” ujarnya. (boy/sam/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Gempa Tewaskan 5 Orang, 1 Kritis, 6 Luka Ringan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler