Dovizioso Kalahkan Marquez di Balapan Basah MotoGP Jepang

Minggu, 15 Oktober 2017 – 13:08 WIB
Andrea Dovizioso (04) dan Marc Marquez (93). Foto: crash_motogp

jpnn.com, MOTEGI - Rider Ducati Andrea Dovizioso menjadi juara dalam balapan basah MotoGP Jepang di Twin Ring Motegi, Minggu (15/10) siang WIB. Dovi menang setelah terlibat duel menegangkan dengan Marc Marquez.

Duel supertegang kedua rider yang bersaing di puncak klasemen sementara ini terjadi sejak pertengahan balapan.

BACA JUGA: Begini Posisi Start di MotoGP Jepang

Di awal, Marquez memimpin lepas start meninggalkan Johann Zarzo dan Danilo Petrucci. Namun belum satu lap, Jorge Lorenzo menyalip Marquez untuk memimpin balapan.

Lap 1 selesai, Lorenzo leading diikuti Marquez, Petrucci, Zarco dan Dovizioso. Posisi tersebut hanya sesaat. Petrucci menyalip Lorenzo di awal lap kedua. Dovizioso juga menggeser Zarco dan berada di belakang Marquez.

BACA JUGA: Cek Klasemen Sementara MotoGP Jelang Balapan di Motegi

Petrux, sebutan Petrucci mulai menjauh dari rombongan besar. Sementara di belakangnya, Marquez keluar dari kepungan duo Ducati, Lorenzo dan Dovizioso.

Masalah sepertinya menerpa Lorenzo. Pembalap nomor 99 itu terlempar ke posisi delapan saat balapan menyisakan 20 lap lagi. Di depan Petrucci memimpin dengan gap sekitar 1,8 detik dari Marquez dan Dovizioso.

BACA JUGA: Johann Zarco Start Terdepan di MotoGP Jepang, Marquez Ketiga

Sedikit ke belakang, Valentino Rossi terpeleset dan jatuh saat berada di posisi ketujuh. Rossi out saat balapan belum setengah jalan!

Di lap ketujuh, Marquez mencatat fastest lap satu menit 57, 277 detik dan jaraknya dengan Petrux makin dekat, tinggal 1,1 detik dan hujan mulai reda meninggalkan gerimis dan trek yang basah.

Marquez makin gila. Ban belakang Petrucci makin jelas jadi bidikan Marquez. Gap kedua rider tinggal 0,8 detik saat balapan menyisakan 15 lap lagi.

Usaha Marquez menyalip Petrux akhirnya berhasil pada lap 13 di turn 11. Marquez mulus melewati Petrucci meski sempat side by side di tikungan. Dovizioso tak mau melepaskan Marquez. Rider dengan nomor 04 itu juga melewati Petrucci.

Sekarang, 11 laps to go: Marquez vs Dovizioso.

Dovizioso tampil galak. Saat sembilan lap balapan tersisa, Dovi meneror Marquez. Dua rider tak peduli meski berkendara di atas air. Jarak Marquez dan Dovizioso hanya 0,3 detik di lap 16.

Duel Honda versus Ducati kian tegang. Dovizioso akhirnya menyalip Marquez jelang masuk terowongan Motegi, di lap 16. Dovizioso leading.

Lima lap balapan tersisa, Dovizioso memimpin dengan 0,8 detik di depan Marquez. Namun jelas, Marquez belum menyerah dan ingin mendapatkan kembali posisinya.

Marquez akhirnya menyalip Dovizioso di tiga lap tersisa. Gantian, Dovi kembali melewati Marquez di tikungan. Lagi, Marquez membalas menyalip. Dua lap lagi, Marquez bertahan di depan, Dovizioso menyerang.

Di lap terakhir, Marquez sempat membuat kesalahan di turn 8, goyang terpeleset. Dovizioso akhirnya menyalip di final sector.

Dovi memimpin, namun Marquez tak menyerah dan sempat menyalip di tikungan terakhir untuk enunjukkan komitmennya.

Namun sayang Marquez tak kembali ke line dengan sempurna. Dovi memimpin, pembalap Italia itu berada di trek lurus dengan stabil. Dovi finis pertama, Marquez harus puas di podium kedua. (adk/jpnn)

Hasil MotoGP Jepang 2017 (10 Besar)

1. A. DOVIZIOSO 47:14.236
2. M. MARQUEZ +0.249
3. D. PETRUCCI +10.557

4. A. IANNONE +18.845
5. A. RINS +22.982
6. J. LORENZO +24.464
7. A. ESPARGARO +28.010
8. J. ZARCO +29.475
9. M. VINALES +36.575
10. L. BAZ +48.506

(Klasemen Sementara MotoGP Usai Balapan Basah MotoGP Jepang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 10 Pembalap yang Akan Start di Baris Depan MotoGP Jepang


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler