DPN KIB Bagikan Bantuan Kepada Warga Terdampak PPKM dan Isoman

Sabtu, 24 Juli 2021 – 15:17 WIB
Ketua Umum Dewan Perwakilan Nasional Perkumpulan Kebangkitan Indonesia Baru (DPN-KIB) Reinhard Taki Parapat (kanan) bersama relawan KIB Peduli Covid-19 memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak PPKM di salah satu masjid di Depok, Jawa Barat, Sabtu (24/7/2021). Foto: DPN KIB

jpnn.com, DEPOK - Ketua Umum Dewan Perwakilan Nasional Perkumpulan Kebangkitan Indonesia Baru (DPN-KIB) Reinhard Taki Parapat mendukung kebijakan Presiden Jokowi dalam menanggulangi Pandemi Covid-19 di Indonesia.

Menurut Reinhard, Relawan Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) sudah melakukan beberapa kegiatan sosial sejak awal Pandemi Covid-19 di tahun 2020 hingga sekarang. Relawan KIB antara lain membantu masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi Pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Polisi Amankan Beberapa Orang Terkait Demo Penolakan PPKM Darurat

“Kami sebagai salah satu relawan Jokowi yang tergabung di dalam Relawan KIB sudah melakukan beberapa kegiatan sosial untuk membantu warga terdampak Pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 hingga 2021 dalam bentuk pembagian sembako, makanan siap saji, vitamin, masker, hand sanitizer, dan  penyemprotan disinfektan,” kata Reinhard Taki Parapat dalam keterangan persnya pada Sabtu (24/7/2021).

BACA JUGA: Penularan Sangat Tinggi, WHO Desak Indonesia Perketat dan Perluas PPKM

Menurut Taki sapaan akrab Reinhard, Posko Dapur Umum Relawan KIB dibuka hari ini, Sabtu tanggal 24 Juli 2021 bekerja sama dengan masyarakat sekitar dalam rangka menyalurkan ratusan makanan gratis, vitamin, dan masker setiap hari.

Taki menjelaskan bantuan tersebut diserahkan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing akibat terpapar Covid-19.

BACA JUGA: Ayu Azhari dan Relawan Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 Siap Bantu Masyarakat

Selain itu, bantuan tersebut juga diberikan kepada warga terdampak ekonominya akibat Pandemi Covid-19.

Taki menjelaskan dapur umum ini akan beraktivitas mulai tanggal 24 Juli 2021 dilakukan secara bergotong royong dengan masyarakat untuk menyiapkan ratusan makanan setiap harinya.

“Selain makanan gratis, relawan KIB juga memberikan vitamin dan juga masker," ujar Taki.

Taki menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian Relawan KIB Jokowi kepada masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Koordinator Lapangan Relawan KIB Jokowi, Firman Ali menjelaskan kegiatan aksi sosial Relawan KIB Jokowi ini akan dilaksanakan di beberapa titik seperti Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang dan Depok, yang bekerja sama dengan RT setempat yang warganya terpapar virus Covid-19 yaitu:

A. Jalan Gunuk 2/4, RT.08, RW.03 Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan, koordinator bunda Lena, koordinator relawan.

B. Jalan Gandaria 1/III, Rt 10 Rw 02 Kelurahan Jagakarsa , Jakarta Selatan, Koordinator Yanwarinson Saragih.

C. Jalan Buah RT 12/09, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur, Koordinatornya Imelda Kistian.

D. Jalan AMD X, Gg. Susukan, Rt.002 Rw. 09, Kreo, Ciledug Tangerang, Banten, koordinator Firman Ali.

E. Jalan Teratai III & IV Blok A6 No. 7 Taman Duta, RT 002, RW 010, Ke. Cisalak, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, 16466Kota Depok, Jawa Barat, koordinatornya Yuli Zahra.

“Kami terus mendata berdasarkan informasi dari beberapa Relawan untuk bekerja sama dengan pengurus RT/RW dalam menyalurkan makanan siap saji ini,” ujar Firman Ali.

Menurut Firman Ali, mengingat diberlakukannya PPKM karena Pandemi Covid-19 penularannya sangat tinggi di masyarakat maka semua Relawan KIB harus mempergunakan standar Protokol kesehatan yang ketat.

“Semua kegiatan Sosial Relawan KIB ini mulai dari persiapan memasak di Posko Dapur Umum hingga mendistribusikannya ke masyarakat wajib mempergunakan standar Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat,” kata Firman Ali.

Selain itu, Relawan KIB Jokowi mengimbau agar semua masyarakat mematuhi dan menjalankan aturan dan kebijakan yang telah dikeluarkan Pemerintah selama PPKM maupun selesainya PPKM nanti dengan tetap menjalankan 5 M yakni memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas.

KIB Ajak Berempati

Reinhard Taki Parapat mengatakan relawan KIB juga mendukung percepatan vaksinasi massal yang menyeluruh di masyarakat agar tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok melalui vaksin yang telah disediakan gratis oleh pemerintah.

"Makin cepat target sasaran pemerintah dalam vaksinasi massal, makin tercipta kekebalan Kelompok (herd immunity) sehingga kita sudah bisa hidup normal dan berbaur dengan masyarakat," kata Taki.

Menurut Taki, Relawan KIB juga mengajak seluruh lapisan masyarakat yang mampu agar berempati kepada warga yang sedang isolasi mandiri (Isoman) di rumahnya karena terpapar Covid-19. Juga kepada warga paling terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan makanan untuk membantu meringankan kebutuhan mereka.

"Dengan dukungan penuh dari komponen lapisan masyarakat dan Pemerintah, Relawan KIB optimistis percaya dan kita yakin Jokowi akan melewati dan keluar dari masa sulit Pandemi Covid-19 dengan baik," kata Reinhard Taki.(fri/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler