DPR Dengarkan Penjelasan Kinerja BIN

Senin, 10 September 2012 – 11:22 WIB
JAKARTA - Komisi I DPR akan rapat kerja dengan Badan Inteligen Negara, Senin (10/9) ini. Anggota Komisi I DPR, Max Sopacua, menegaskan, terkait banyaknya kasus ledakan bom dan teror belakangan ini, pihaknya akan mendengarkan keterangan dari Kepala BIN, Marciano Norman.

"Kita akan dengarkan Ka BIN kendala mereka apa saja, apakah itu salah satu kelemahan mereka seperti yang disebut di media massa kecolongan. Kita harus klarifikasi pihak yang bersangkutan," kata Max kepada wartawan, Senin (10/9) di gedung parlemen, di Jakarta.

"Justru untuk memastikan bagus tidak bagus (kinerja BIN), kita akan dengarkan apa yang disampaikan oleh beliau," lanjut politisi Partai Demokrat itu.

Dia juga memaparkan, apakah permasalahan yang dihadapi BIN itu juga terkait dengan legislasi dalam hal ini Undang-undang atau masalah anggaran.

Max menilai dari kacamata DPR, ketika aksi teror terjadi, semua orang memertanyakan kinerja aparat. Untuk memastikan itu, Komisi I akan mendengarkan keterangan dari BIN.

"Kita akan menanyakan apakah itu sesuatu karena kurangnya tenaga, atau ada sistem di mereka yang tidak jalan," ujarnya.

Menurut Max, sistem kerja BIN memang sangat rahasia, namun perlu dipastikan apakah ada hal yang tidak terjangkau, tidak terdeteksi sehingga terjadi peristiwa. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Orang Terduga Teroris Diciduk Densus

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler