Drogba-Anelka Terancam Dilego

Pascakonflik Pemilik Saham di Shenhua

Rabu, 29 Agustus 2012 – 09:25 WIB
SHANGHAI - Eksistensi duo bintang Liga Primer Inggris di persepakbolaan Tiongkok sepertinya tinggal menghitung hari. Didier Drogba dan Nicolas Anelka terancam bakal dilego menyusul terjadinya konflik internal antar pemegang saham di klubnya, Shanghai Shenhua.

Padahal, kedua pemain yang sama-sama eks penggawa Chelsea itu belum genap setahun mencicipi persaingan dalam kompetisi di luar benua Eropa itu. Jika Anelka sudah hampir sembilan bulan berada di Negeri Tirai Bambu, Drogba malahan masih baru dua bulan ini berada di Tiongkok.

Seperti dalam berita yang dilansir di Daily Mail, konflik internal itu terjadi setelah salah satu pemegang saham ingin memiliki kuasa lebih. Bos Shenhua Zhu Jun yang memegang 28,5 persen saham klub ingin menagih janji pada lima pemilik saham lainnya terkait dengan peningkatan kepemilikan saham hingga 70 persen.

Zhu merasa lebih banyak mendonasikan isi koceknya kepada Shenhua. Sejak 2007 silam, total uang sebesar hampir Rp 899,7 miliar bagi Shenhua. Lima pemegang saham yang lain tidak menyumbang apapun. Harusnya, kelima pemegang saham lainnya harus menyerahkan kepemilikan saham kepada Zhu.

Sayangnya, upaya tersebut mandeg 2009 lalu. Karena permintaannya tidak dipenuhi, Zhu mengancam bakal membiayai pengeluaran klub hanya sesuai dengan besaran saham yang dia miliki. Walaupun selama ini hanya dialah yang membiayai seluruh pengeluaran klub.

Makanya, preseden buruk ini pun diperkirakan bakal berdampak buruk bagi operasional klub. Termasuk dalam hal pembayaran gaji pemain. "Masalah ini tentu menganggu dan bisa berdampak buruk dengan kinerja kami. Parahnya, keuangan klub tidak akan berjalan normal," sebut pernyataan resmi Shanhua dikutip dari Reuters.

Nah, untuk menyelamatkan keuangan klub, penjualan Drogba dan Anelka bisa menjadi solusi terbaiknya. Karena, kedua pemain tersebut tercatat sebagai yang bergaji mahal di klub tersebut. Bahkan untuk membayar gaji kedua pemain tersebut, Shenhua yang masih terseok-seok di peringkat 10 liga Tiongkok itu harus mengeluarkan anggaran mencapai Rp 3,74 miliar per pekannya.

Tak ayal, kasak-kusuk masa depan Drogba dan Anelka itu merembet ke Liga Primer Inggris. Seperti yang dilaporkan di tribalfootball, jawara bertahan Manchester City siap menarik Drogba kembali ke serunya persaingan di Liga Inggris. Tak jauh beda, Anelka juga menjadi incaran dua klub London, Totenham Hotspurs dan West Ham United. Bursa transfer pemain baru ditutup Jumat besok (31/8).

Sekedar diketahui, Anelka yang lebih dulu bergabung di Shenhua dikontrak selama dua musim. Nilai kontraknya hingga kini masih belum diketahui. Hanya, tiap pekannya dia dikabarkan menerima gaji sebesar Rp 2,9 miliar. Untuk Drogba, dia dikontrak untuk durasi 2,5 tahun dengan nilai kontrak mencapai Rp 142 miliar. (ren)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain IPL Gabung ISL

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler