Dua Ilmuwan IPB Terlibat Program Restorasi Terumbu Karang Terbesar Dunia

Rabu, 13 September 2023 – 19:55 WIB
Dua ilmuwan IPB terlibat program restorasi terumbu karang terbesar dunia. Foto dok. SHEBA®

jpnn.com, JAKARTA - Terumbu karang perlu dijaga kelestariannya, karena penting bagi ekosistem laut terutama menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai jenis ikan.

Upaya ini menjadi mendesak dilakukan karena pemanasan global akan membuat suhu dan keasaman air laut naik, sehingga mengancam rusaknya terumbu karang.

BACA JUGA: PIS Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Pesisir Pantai Sulaa

Salah satu upaya restorasi terumbu karang dilakukan melalui SHEBA® Hope Advocate Program yang merupakan bagian dari gerakan global SHEBA® Hope Grows yang diprakarsai brand SHEBA®, merek makanan hewan peliharaan bagian dari Mars Incorporated. 

Program tersebut dimulai dengan pembuatan struktur 46x14m yang membentuk huruf H-O-P-E di Bontosua, Makassar, Sulawesi Selatan pada 2019, menggunakan terumbu karang yang telah direstorasi. 

BACA JUGA: Perwira Muda PIS Tanam 1.000 Mangrove & Transplantasi Terumbu Karang

"Bagian bawah laut yang dulunya tandus dan tidak bernyawa, kini menjadi ekosistem terumbu karang yang berkembang pesat dengan pertumbuhan karang yang meningkat dari dua persen menjadi tujuh puluh persen," kata Dr. Susan Wan, General Manager, Mars Petcare Indonesia dalam keterangan resminya dikutip Rabu (13/9). 

Populasi ikan di lokasi itu juga meningkat sebesar 260 persen serta peningkatan jumlah spesies ikan sebesar 64%. Pada 2029, SHEBA® memiliki gol untuk merestorasi lebih dari 185 ribu meter persegi terumbu karang – atau kurang lebih seluas 148 kolam renang Olimpiade pada titik-titik penting di dunia. 

BACA JUGA: BKI Perluas Pelestarian Taman Terumbu Karang di Pulau Tidung

Pada akhir Agustus lalu, SHEBA® mempertemukan lima advokat global dari Inggris, Jerman, Amerika Serikat, Asia Tenggara, Sheba Hope Grows Collective, bersama dua advokat Indonesia, yaitu Gita Alisa dan Rindah Talitha Vida untuk berpartisipasi dalam program restorasi terumbu karang terbesar di dunia. 

Gita dan Rindah merupakan ilmuwan muda dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dipilih karena pengalamannya dalam proyek penelitian restorasi karang dan kecintaan terhadap konservasi laut.

Mereka kemudian diajak berpetualang selama 10 hari di SHEBA® Hope Reef, Bontosua. Selama di sana, para advokat diberi kesempatan untuk bekerja sama dengan masyarakat lokal, menerima pelatihan restorasi dan merestorasi kawasan terumbu karang menggunakan Reef Stars, ‘inti’ dari Mars Assisted Reef Restoration System.

Reef Stars berbentuk heksagonal, struktur baja yang jika disatukan akan membentuk jaring, dan dapat menstabilkan pecahan karang serta menyediakan landasan yang kuat di mana karang yang sudah ditanam dapat tumbuh kembali. 

"Kami sangat senang dapat menawarkan kesempatan sekali seumur hidup ini kepada ketujuh advokat untuk berkontribusi dalam program restorasi terumbu karang terbesar di dunia secara langsung," lanjut Susan.

Gita Alisa dan Rindah mengaku terinspirasi kegiatan tersebut. Menurutnya adalah sebuah kehormatan untuk menjadi bagian dari program restorasi karang terbesar di dunia, apalagi komunitas warga Bontosua yang ramah. 

"Pengalaman ini mendorong saya untuk melanjutkan upaya konservasi kelautan,” kata Gita.

Sementara itu, Philippa Mansell selaku Indonesia Marine Program Lead, Mars Sustainable Solutions, menyebutkan upaya pelestarian terumbu karang merupakan langkah menciptakan dunia yang lebih baik bagi hewan peliharaan. Dampak dari kegiatan yang dilakukan oleh para Advokat ini juga sangat penting dalam melestarikan dan merestorasi keindahan lautan. 

"Ini juga untuk memastikan bahwa kita tetap memiliki ikan di masa depan," tegasnya.

Bersamaan dengan program ini, brand SHEBA® juga berkolaborasi dengan peritel terpilih di Indonesia untuk mengumpulkan donasi yang akan digunakan untuk membuat Reef Stars yang akan ditanam di Sheba Hope Reef yang ikonik di Pulau Bontosua, Makassar. 

Untuk setiap pembelian produk Sheba apa pun di toko-toko Alfamart, seluruh Indonesia dan toko online Alfagift, sebanyak Rp. 1.000 akan didonasikan untuk restorasi terumbu karang. (esy/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler