Dua Pembalap Harumkan Nama Indonesia di Japan Super Touring Car

Rabu, 07 Agustus 2019 – 13:48 WIB
Pembalap TTI Berhasil Naik Podium pada ajang JSTC. Foto :1st

jpnn.com - KEIKUTSERTAAN tim Toyota Team Indonesia (TTI) dalam ajang Japan Super Touring Car (JSTC) Championship akhirnya berbuah manis.

Dua pembalap TTI, Haridarma Manoppo dan Demas Agil yang menunggangi Toyota Yaris secara bersamaan berhasil menaiki podium kelas production max 1.600 (P2).

BACA JUGA: MotoGP Indonesia, Dorna: Seluruh Pembalap Sangat Antusias

Meskipun memiliki spesifikasi mesin berbeda, tetapi berkat kegigihanya mereka berhasil membawa nama TTI ke podium.

BACA JUGA : Bayi Alien Pimpin 10 Pembalap ke Q2 MotoGP Jerman, Dovi dan Rossi Gigit Jari

BACA JUGA: Tunggangi Toyota Yaris, Alinka Tampil Impresif di Jepang

Kemenangan kedua pembalap TTI itu dilengkapi oleh pembalap privateer yang menggunakan Toyota Yaris, Mirza Putra Utama pada podium 3.

Mirza adalah pembalap muda dan berbakat yang beberapa kali telah mendapatkan bimbingan dari pembalap TTI.

BACA JUGA: Mimpi Toyota Gairahkan Motorsport Nasional

“Di kelas JSTC ini tantangannya berbeda di mana kami harus bisa dengan cermat memantain kondisi kendaraan untuk tetap prima sepanjang balap berlangsung. Sedikit saja terjadi kesalahan dapat membuat kami kehilangan posisi, mengingat banyak mobil dengan spesifikasi mesin yang lebih kuat ikut serta pada ajang ini," ungkap Haridarma dalam keterangan tertulisnya yang diterima JPNN.com.

"Saya bersyukur dengan performa Yaris yang ternyata sangat kuat untuk membantu saya dalam menjaga momentum sehingga tidak mudah bagi pembalap lain untuk dapat melewati saya,” sambungnya.

Senada dengan seniornya, Demas Agil yang memfokuskan dirinya sebagai pembalap TTI di kelas Touring menyatakan ada keseruan tersendiri turun di kelas JSTC.

“Berkompetisi dengan mobil yang memiliki spesifikasi dan kelas mesin berbeda bukanlah hal perkara mudah. Dibutuhkan strategi jitu dan konfigurasi mobil yang tepat untuk dapat memenangkan ajang JSTC ini," kata dia.

Dia mengaku sangat bersyukur berhasil meraih podium ke-2, setelah memacu performa Yaris secara maksimal dalam bersaing dengan mobil lain yang lebih kuat sehingga dapat mempertahankan posisi terdepan pada ajang ini.

BACA JUGA : Batal Dinikahi Politikus, Shinta Bachir Pacari Pembalap ?

Sementara itu, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor yang merupakan Principal dari TTI, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, tujuan dari keikutsertaan kedua pembalap TTI di kelas JSTC ini adalah untuk mengembangkan performa mobil dan skill pembalap secara konsisten untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Tidak hanya bertujuan untuk terus memajukan dan meramaikan olahraga balap mobil di tanah air, tetapi ajang JSTC ini juga bisa menjadi sarana bagi kami untuk melakukan riset dalam pengembangan performa Yaris agar semakin kuat. Selain itu ajang JSTC juga menjadi sarana bagi pembalap TTI untuk dapat mengasah kemampuan dan menambah pengalaman mereka dalam dunia balap," ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut Soerjo, cukup puas bahwa Yaris bisa bersaing dengan baik pada ajang yang bergengsi ini.

"Terlepas dari hasil yang membanggakan ini kami juga sudah melihat ada beberapa point yang harus menjadi fokus bagi tim TTI untuk dikembangkan kedepannya,” pungkas Soerjo. (mg9/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... GT Radial Jadi Official Tire Kejurnas Auto Gymkhana 2018


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler