Dubes Australia Temui Ganjar Pranowo, Bahas Soal Apa?

Rabu, 14 September 2022 – 18:08 WIB
Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Semarang. Foto source for jpnn

jpnn.com, SEMARANG - Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Semarang.

Pertemuan keduanya untuk membahas peningkatan kerja sama Jawa Tengah dan Australia.

BACA JUGA: Komunitas Ustaz di Simalungun Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Usai pertemuan, Ganjar mengatakan Jawa Tengah dan Australia telah melakukan banyak kerja sama.

Salah satunya kerja sama sister province, yang menekankan beberapa sektor seperti pendidikan, ekonomi, investasi dan kesehatan.

BACA JUGA: Pemerintah Diminta Perhatikan SKT Padat Karya

"Kami sudah membangun beberapa kerja sama, Kota Semarang juga dengan Brisbane, lalu perguruan tinggi UNDIP dengan Griffith University kerja sama di bidang pendidikannya cukup banyak," kata Ganjar usai pertemuan, Rabu (14/9).

Penguatan kerja sama di bidang investasi juga masih terus dilakukan agar hubungan kerja sama yang terjalin semakin kuat.

BACA JUGA: BEM Nusantara Bakal Kawal Terus Pemberian Bansos Agar Tepat Sasaran

Selain itu, ada inovasi-inovasi peningkatan kerja sama yang dibangun Ganjar dan disampaikan langsung kepada Dubes Penny. Antara lain di sektor peternakan dengan pengembangan hewan ternak jenis sapi.

Dengan semakin banyaknya kerja sama yang terjalin antara Jawa Tengah dengan Australia dan juga hubungan bilateral Indonesia dan Australia yang terbangun, Ganjar mengharapkan bisa menguntungkan kedua negara.

"Sehingga kalau nanti ingin mengerjakan banyak hal terkait bilateral, mudah-mudahan suasana emosionalnya jadi lebih dekat. Sehingga ditengah situasi global yang tidak begitu bagus, mudah-mudan hubungan bilateral ini bisa menguntungkan kedua negara," ungkap Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menyampaikan gagasannya terkait kegiatan olahraga diplomasi atau sport diplomacy.

Kegiatan ini bisa berupa olahraga lari, bersepeda dan olahraga lainnya yang diikuti perwakilan negara yang menjalin hubungan kerja sama.

"Intinya, kami punya komitmen bersama mengembangkan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Australia," jelas Ganjar.

Sementara, Dubes Penny mengaku senang berkunjung ke Semarang dan bertemu langsung dengan Ganjar untuk membahas kerja sama pasca pandemi Covid-19.

Penny berharap, pertemuannya dengan Ganjar bisa menghasilkan tindak lanjut kerja sama dalam jangka panjang dan keuntungan yang diraih keduanya juga bisa memberi dampak baik bagi masing-masing negara.

"Sekarang dengan keterbatasan sesudah masa pandemi, saya kira ada banyak kesempatan dan saya senang sekali bisa berkunjung ke Bapak Gubernur secara langsung," ucap Penny. (chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler