Ducati Berharap pada Karakter Sepang

Kamis, 18 Oktober 2012 – 16:40 WIB
KUALA LUMPUR - Musim lalu jadi musim terburuk bagi Valentino Rossi di kelas premier grand prix balap motor. Di musim pertamanya bersama Ducati, dia mengakhiri musim dengan hanya berada di peringkat ketujuh. Tahun ini, finis di posisi yang sama coba dihindarinya.

Saat ini Rossi masih berada di posisi keenam. Dengan koleksi 137 poin, dia tertinggal tujuh poin dari peringkat kelima, Alvaro Bautista (Honda Gresini). Pesaing di bawahnya, Cal Crutchlow (Yamaha Tech 3), hanya tertinggal dua poin dari Rossi.

Sebelum MotoGP Jepang pekan lalu, Rossi masih berada di posisi kelima. Namun, podium yang didapatkan Bautista di Motegi, dan Rossi hanya berada di posisi ketujuh, memberi bautista kenaikan peringkat di klasemen. Jika Ducati gagal menyediakan motor yang kompetitif, bukan sesuatu yang sulit Rossi akan turun peringkat lagi.

Akhir pekan ini, Ducati datang ke Sirkuit Sepang, Malaysia, dengan mengusung harapan besar untuk bisa meraih hasil yang lebih baik. Tapi, tim yang bermarkas di Bologna itu belum berani memastikan target yang bisa dicapai.

Sepang merupakan salah satu sirkuit yang menjadi favorit untuk uji coba musim dingin. Nah, setelah Ducati sempat meraih hasil yang menjanjikan pada tes pertama, mereka justru mengalami kesulitan dalam uji coba kedua Februari, selama kunjungan tiga hari di sana, Rossi terpuruk di urutan kesepuluh dalam catatan waktu terbaik.

Namun Ducati masih bisa berkilah bahwa hasil uji coba itu karena mereka masih dalam pengembangan awal pada rangka aluminium baru untuk Desmosedici GP12. Kini, Ducati datang dengan kepercayaan diri yang lebih baik setelah cukup yakin dengan rangka baru dan swingarm baru.

Karakteristik sirkuit Sepang ikut membantu. Bila dibandingkan di Motegi, saat Rossi dan Nicky Hayden kesulitan dalam traksi untuk akselerasi tinggi, layout Sepang lebih mengalir.

"Kami akan melihat apa yang terjadi di Sepang, karena kami tidak melakukan dengan sangat baik selama uji coba musim dingin. Selain itu, beberapa bulan sudah berlalu sejak itu, dan sekarang dengan rangka dan swingarm baru, motor sudah lebih baik," ujar Rossi seperti dikutip Crash.

Selain karakter lintasan, suhu sirkuit dan kelembapan di Sepang juga memberikan tantangan tambahan. Bukan cuma pada para pembalapnya, tapi juga pada setting motor.

"Balapan dan sepanjang akhir pekan ini tentu akan sangat sulit karena temperatur yang tinggi, yang mana menghadirkan sebuah tantangan, baik untuk motor dan para pembalap. Tapi tentu saja ini bukan pertama kali bagi kami, dan kami tahu apa yang menjadi harapan. Kami akan mencoba melakukan yang terbaik," beber Rossi.

Sementara itu Hayden mengakui bahwa di MotoGP Malaysia ini dia akan mendapatkan beberapa bagian baru untuk dicoba. Juara dunia 2006 ini pun berharap cedera pergelangan tangan tak lagi terlalu mengganggunya.

"Motegi sudah dilupakan, dan semoga di Malaysia kami meraih hasil yang lebih baik dan menghadapi akhir pekan yang lebih baik," ujar pembalap Amerika Serikat, yang pekan lalu di Motegi finis di posisi kedelapan.
   
"Kami perlu melakukan start yang lebih baik pada Jumat. Kami memiliki sejumlah komponen baru untuk dicoba pada pekan ini yang mungkin membantu, dan semoga pergelangan tangan saya lebih kuat, setelah tiga pekan sejak saya mengalami cedera," ujarnya. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Barca Rekam Perilaku Tak Sprotif Pepe di El Clasico

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler