Ducati: Motivasi Rossi Masih Tinggi

Kamis, 05 April 2012 – 09:56 WIB
LOSAIL - Terpuruk selama masa uji coba, Ducati terancam jeblok pada awal musim MotoGP 2012. Valentino Rossi yang musim lalu gagal merebut satu pun  kemenangan, bisa-bisa kembali menjadi pecundang musim ini.

Pembalap berjuluk The Doctor itu pun sudah menunjukkan tanda-tanda pasrah. Juara dunia sembilan kali pada semua kelas itu menyatakan jalan yang harus ditempuh Ducati untuk bersaing di barisan depan masih sangat panjang.

Meski demikian, pihak Ducati membantah Rossi tidak lagi bersemangat untuk menyambut MotoGP 2012. Meski tidak lagi muda, Rossi tetap penuh semangat seperti saat dia baru membela Honda atau Yamaha dulu.

"Dia memang tidak muda lagi seperti saat bergabung Yamaha pada 2004. Namun saya melihat Valentino masih memiliki ambisi yang sangat tinggi," kata manajer Ducati Vittoriano Guareschi sebagaimana dilansir motorcyclenews. "Dia mendapatkan dukungan yang baik untuk bersaing merebut kemenangan. Sangat penting bagi kami untuk melakukan start dengan baik, serta sedekat mungkin dengan papan atas," lanjutnya.

Setelah tampil buruk musim lalu, Ducati sebenarnya sudah habis-habisan untuk memberikan motor terbaik untuk Rossi. Jika musim lalu menggunakan sasis karbon, musim ini mereka menggunakan sasis aluminium pada Desmosedici GP12.

Namun, sejauh ini Desmosedici GP12 masih jauh dari ekspektasi. Rossi masih kesulitan untuk membelokkan (understeer) motor baru itu.

Meski tidak mendapatkan motor yang sesuai harapan, Rossi selama ini tidak pernah menyalahkan Ducati. Itu berbeda dengan pendekatan yang dia lakukan saat bersama Yamaha atau Honda dulu. Saat itu, sedikit saja tidak puas dengan performa motor, dia bisa langsung ngomel.

"Valentino memahami bahwa kami sedang bekerja keras untuk mengembangkan motor, tidak tinggal diam. Kami tahu apa yang dia minta dan kami sedang mengupayakan untuk memenuhinya," beber Guareschi.

Mantan bos Rossi di Yamaha, Davide Brivio, sependapat dengan Guareschi. "Saya rasa dia (Rossi) tidak banyak komplain karena melihat betapa Ducati telah bekerja keras untuk memberikan motor yang sesuai dengna keinginannya," ujarnya.

Soal motivasi, Brivio juga melihat Rossi sebagai sosok yang masih haus akan kemenangan. Itu tidak lepas dari perubahan positif yang dilakukan Desmosedici GP12 meski belum sepenuhnya memenuhi keinginannya. (ang)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Chelsea Optimis Bisa Atasi Barca

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler