Ducati Uji Dua Pembalap Moto2

Kamis, 02 Agustus 2012 – 06:31 WIB

BOLOGNA - Tanda-tanda bakal hengkangnya Valentino Rosi dari tim Ducati terus menguat dari hari ke hari. Belum ada kepastian yang didapat hingga Rossi memastikan masa depannya di pabrikan asal Italia itu. Di sisi lain, kabar kepindahannya ke Yamaha juga kian deras dalam bursa pembalap MotoGP 2013.

Berbagai antisipasi sudah mereka lakukan untuk menyambut musim 2013. Mereka sudah memperpanjang kontrak Nicky Hayden sebelum berlangsungnya MotoGP Amerika Serikat (AS) pekan lalu, untuk masa kontrak satu tahun lagi. Jadi, ketika Rossi benar-benar pergi dan maka masih ada pembalap berpengalaman yang menunggang Ducati Desmosedici di musim depan.

Upaya lainnya mereka lakukan pekan ini. Ducati mulai melirik pembalap di Moto2 untuk mengisi posisi satu pembalap lagi, juga dengan kemungkinan bakal kehilangan Rossi. Pekan ini, Ducati akan membawa pembalap Scott Reading (Inggris) dan Andrea Iannone ke sirkuit Mugello untuk program tes.

Boleh jadi, salah satu dari mereka akan mendampingi Nicky Hayden yang sudah memperpanjang kontrak untuk 2013. Berdasarkan regulasi sebelumnya, sebelum masuk tim pabrikan, keduanya harus bergabung dengan tim satelit dulu. Tapi, melihat langkah Marc Marquez yang bisa langsung masuk tim pabrikan Honda, bukan tidak mungkin salah satu mereka bisa langsung menunggangi Ducati Desmosedici.

Ducati harus jeli mempersiapkan pembalap pengganti. Soal prestasi, Reading pernah memenangkan GP Inggris pada 2008, sedang di Moto2 tercatat lima kali naik podium bersama tim VDS. Hanya, secara fisik kurang menguntungkan untuk Moto2 yang ukurannya lebih kecil dari motor di MotoGP.

Sementara Iannone punya keuntungan lain. Pemenang delapan balapan Moto2 itu, sudah menjajal Ducati bersama tim satelit Pramac Ducati di Mugello, akhir musim lalu.

Musim depan, beberapa pembalap Moto2 sudah dipastikan memperkuat tim di MotoGP. Mereka adalah Marquez yang diplot Repsol Honda untuk menggantikan Casey Stoner yang memutuskan pensiun. Satu lagi adalah Bradley Smith yang mengambil satu tempat di Yamaha Tech 3. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tantowi Ahmad-Liliyana Natsir ke Semifinal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler