Duel Persipura vs Madura United Batal Digelar, Begini Penjelasan PT LIB

Senin, 21 Februari 2022 – 21:56 WIB
Direktur Operasional PT LIB Sudjarno saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pertarungan Persipura Jayapura vs Madura United pada lanjutan Liga 1 2021/22 yang seharusnya bergulir hari ini, Senin (21/2), gagal digelar.

Laga ini merupakan pertandingan tunda pekan ke-22. PT LIB sendiri akhirnya memberikan penjelasan mengapa duel tersebut batal terlaksana.

BACA JUGA: Tragis! Dihajar Laos, Malaysia Gugur di Piala AFF U-23 2022

"Pertandingan tunda pekan ke-22 Liga 1 2021/2022 yang mempertemukan Persipura Jayapura vs Madura United FC, Senin (21/2), gagal digulirkan."

"Penyebabnya, Persipura tidak datang ke stadion sampai dengan dilakukannya kick-off," bunyi pernyataan resmi di situs PT LIB.

BACA JUGA: Langganan Timnas Indonesia, Pratama Arhan Ternyata Belum Pernah Jajal Stadion Keramat Ini

Dalam kronologis tersebut, dijelaskan bahwa Persipura sebelumnya menuliskan surat permohonan penundaan laga melawan Madura United.

Dalam surat bernomor 004/Persipura/II/2022 tertanggal 20 Februari, dijelaskan mereka tidak bisa bertanding terkait hasil tes PCR.

BACA JUGA: Janji Gila Mohammed Rashid untuk Persib Bandung, Begini Kalimatnya

Diketahui dalam tes yang dilakukan pada 20 Februari lalu, sembilan personel tim dinyatakan positif. Terdiri dari tiga ofisial dan enam pemain.

Karena itu, Persipura berkoordinasi dengan PT LIB untuk melakukan tes pembanding pada Senin (21/2).

"Apabila hasil tes pembanding masih ada beberapa pemain dengan status positif Covid-19 maka Persipura Jayapura TIDAK DAPAT BERTANDING dikarenakan (1) jumlah pemain akan sangat banyak yang berhalangan untuk dimainkan, (2) menghilangkan azas fairness," bunyi surat Persipura.

PT LIB dan Satgas Covid-19 Liga 1 2021/22 kemudian menyetujui permintaan tes pembanding yang diminta Persipura.

Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022, menyebutkan bahwa hasil negatif: 21 pemain dan tujuh ofisial, sedangkan hasil positif: enam pemain, tiga ofisial.

PT LIB kemudian berkirim surat ke manajemen Persipura pada Senin (21/2). Melihat pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 orang maka tidak perlu diadakan emergency meeting dan laga tetap dilaksanakan.

"Tidak ada kejadian luar biasa terkait covid. Ini kasusnya seperti pertandingan Tira Persikabo versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan," kata Direktur Operasional LIB Sudjarno, Senin malam (21/2).

"Dari kami pun juga sudah siap semuanya. LOC, wasit, keamanan, sudah berada di stadion. Tim Madura United juga sudah datang di stadion," imbuh Sudjarno.

Walau Persipura tidak hadir dan ini menyalahi regulasi Liga 1 2021/22, pihak PT LIB belum berani mengambil langkah tegas. Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyebut akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan PSSI.  

"Kami akan mengonsultasikan hal ini dengan PSSI terlebih dulu," tegas pria yang karib disapa Lulu itu. (dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler