Dukung Ekonomi Kreatif, Ganjar Sejati Jabar Gelar Pelatihan Penyajian Kopi di Indramayu

Selasa, 20 Juni 2023 – 22:39 WIB
Ganjar Sejati Jawa Barat menggelar pelatihan penyajian kopi bersama warga di Desa Bugis, Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu, Selasa (20/6). Foto: Dokumentasi Ganjar Sejati Jabar

jpnn.com, INDRAMAYU - Sukarelawan Ganjar Sejati Jawa Barat (Jabar) menyelenggarakan pelatihan penyajian kopi bersama warga di Desa Bugis, Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu, Selasa (20/6).

Kegiatan yang berlangsung di YFC Bugis Anjatan itu diikuti puluhan masyarakat setempat, mulai dari anak muda hingga mak-mak.

BACA JUGA: Ganjar Sejati Dorong Perajin Ikan Pindang Tingkatkan Produktivitas Melalui Pelatihan

Koordinator Lapangan (Korlap) Ganjar Sejati Jabar Imam Turniman mengatakan kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan keahlian masyarakat setempat khususnya di bidang kopi.

BACA JUGA: Ganjar Ajak Perangkat Desa Menyejahterakan Masyarakat Lewat Program Padat Karya

Pelatihan penyajian kopi yang dilaksanakan Ganjar Sejati Jabar di Desa Bugis, Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu, Selasa (20/6). Foto: Dokumentasi Ganjar Sejati

“Ini lebih kegiatan kemasyarakatan keahlian penyajian kopi profesional untuk masyarakat,” ujar Imam di lokasi, Selasa (20/6).

Menurut Imam, pihaknya sengaja memberikan pelatihan di Desa Bugis, Kecamatan Anjatan, Indramayu, agar ke depannya mereka bisa mendapatkan ilmu dan kemudian mengembangkan kewirausahaan.

“Sehingga masyarakat akan mengenal tentang kopi dan diharapkan bisa menjadi pengembangan kewirausahaan,” beber dia.

Imam mengungkapkan sudah banyak wilayah didatangi Ganjar Sejati untuk melaksanakan beragam pelatihan, termasuk di Desa Bugis Indramayu dengan pelatihan kopi pada hari ini.

“Dari sekian titik kami mengadakan pelatihan, semua masyarakat merespons dengan baik,” kata Imam.

Tak sekadar memberikan pelatihan saja, Ganjar Sejati Jabar juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo agar menjadi presiden Indonesia 2024-2029.

Imam berharap adanya pelatihan ini dapat menjadi momentum untuk mengambil simpati masyarakat Indramayu sehingga bisa mengenal sosok bakal calon presiden dari PDI Perjuangan tersebut.

“Sosialisasi tentang program ekonomi kreatif dan kemudian juga mengenalkan calon figur presiden kami, Bapak Ganjar,” ucap Imam.

Salah satu peserta pelatihan penyajian kopi, Ginanjar Gede Pangestu menilai kegiatan yang diselenggarakan Ganjar Sejati Jabar sangat bermanfaat.

Dari pelatihan ini, kata Ginanjar, dirinya jadi mengetahui mengenai jenis-jenis kopi hingga bagaimana cara penyajiannya yang secara baik dan benar.

"Kami dapat mengenali jenis kopi yang kita tidak tahu. Contoh robusta, arabika dan lain-lain. Dan (juga) kegunaan mesin kopi dari grinder alat espresso dan sebagainya,” ujar dia. (mar1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler