Dukung Ganjar-Mahfud, Keluarga Wapres Kiai Ma'ruf Amin Perlu Turun ke Banten

Sabtu, 23 Desember 2023 – 08:31 WIB
Capres RI Ganjar Pranowo dan Cawapres RI Mahfud MD atau Ganjar - Mahfud. Foto/Arsip: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan dukungan elektoral dari keluarga Wakil Presiden Ma’ruf Amin baru akan terasa jika mereka mau turun ke basis pemilih mereka di Banten.

“Azizah dan Mar’uf Amin sekurangnya memiliki basis suara di Banten, meskipun tidak signifikan, kecuali jika Ma’ruf Amin secara langsung turun tangan melakukan kampanye, bisa saja ia punya daya tawar utamanya di kalangan pesantren di Banten,” tegas Dedi pada wartawan Jumat (22/12/2023).

BACA JUGA: Dapat Dukungan dari Putri Maruf Amin, Ganjar: Kami Sangat Senang, Ini Bagian dari Energi

Nur Azizah, putri Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan dukungannya kepada pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD.

Menurut dia, paslon nomor urut tiga itu memiliki kapasitas dan integritas yang lengkap. Azizah mengaku bangga bisa hadir pada kesempatan itu dan memberikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud.

BACA JUGA: Petani di Lombok Jatuh Hati ke Ganjar-Mahfud yang Sering Turun Langsung ke Rakyat

Ma’ruf Amin sendiri sebagai seorang Wakil Presiden dia belum cawe-cawe ke pasangan manapun.

“Hadirnya Azizah di kubu Ganjar, bisa saja menandai sokongan Ma'ruf Amin, terlebih Wapres sesekali bicara soal kriteria Capres yang tidak mengandalkan Gimik politik,” ujar Dedi.

BACA JUGA: Saat Memimpin Solo, Gibran Mengaku Sering Dibantu Ganjar

Di luar dukungan itu, Azizah adalah kader Partai Demokrat, yang seharusnya menyokong pasangan Prabowo-Gibran.

Namun, nyatanya dia memberikan dukungannya pada Ganjar-Mahfud. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana soliditas di Koalisi Indonesia Maju pengusung Prabowo-Gibran?

“Perpindahan sokongan ini bisa saja menandai jika Prabowo-Gibran tidak mampu menjaga soliditas, juga Demokrat yang terkesan setengah hati,” ujar Dedi.

Menurut Dedi, sikap Partai Demokrat cukup jelas pilihan oportunisnya. Capres Prabowo menyadari hal itu.

Namun, dia melihat sosok Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai senior yang dihormati.

“Karena dari sisi hitungan politis, Demokrat bisa jadi tidak menambah kekuatan mesin koalisi, bahkan dengan sikap Demokrat saat ini, bisa jadi justru Demokrat menjadi duri dalam daging, yang membuat koalisi sulit bergerak cepat,” ungkap Dedi.

Kekuatan Tambahan

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai dukungan Putri Wapres akan memberikan suntikan moral bagi paslon nomor 03.

“Tentu bergabungnya tokoh seperti Siti Nur Azizah akan memberikan suntikan moral politik bagi paslon nomor 3 menghadapi Pilpres 2024," ujarnya.

Menurut Adi, bagaimanapun juga Azizah merupakan tokoh perempuan yang juga sebagai putri wakil presiden yang saat ini masih menjabat.

"Apapun judulnya Bu Azizah adalah tokoh perempuan yang notabene anak Wapres KH Ma'ruf Amin," ujar Adi.

Oleh sebab itu, Azizah juga dipastikan akan merapatkan barisannya untuk Paslon yang didukungnya di Pilpres 2024. "Di samping itu tentu Bu Azizah akan mengonsolidasi kekuatan mesin politiknya untuk dukung Ganjar-Mahfud. Minimal di Banten," pungkas Adi.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler