Dukung Perbaikan Tata Kelola Kehutanan, 3 Kemitraan Perhutani Dapat Penghargaan di Festival LIKE 2

Selasa, 13 Agustus 2024 – 15:04 WIB
Tiga kemitraan Perhutani mendapatkan penghargaan dalam Festival LIKE 2 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Foto dok Perhutani

jpnn.com, JAKARTA - Kemitraan Perhutani mendapatkan penghargaan dalam Festival LIKE 2 2024 yang berlangsung selama empat hari, sejak 8-11 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Acara tahunan yang fokus pada isu lingkungan hidup, iklim, kehutanan, dan energi terbarukan ini semakin menegaskan komitmen Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA: Perluas Pasar UMKM, Perhutani Dukung Herb Euphoria Fest 2024 di Pulau Dewata

Puncak acara ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial, Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), Sawit Rakyat, serta sertifikat layanan dana lingkungan kepada 15 perwakilan masyarakat oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tercatat ada 200 orang dari lima Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) penerima Perjanjian Kerjasama (PKS) Kemitraan Perhutani, baik skema Kemitraan Kehutanan Perhutani (KKP) maupun Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif (KKPP) pada agenda penyerahan secara simbolis.

BACA JUGA: Konsisten Terapkan ESG, ANTAM Raih 12 Penghargaan ENSIA 2024

Mengusung tema 10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas, Festival LIKE 2 2024 menyoroti tiga hal utama, yaitu: Teknologi Ramah Iklim, Partisipasi Publik, Akses Dana Lingkungan.

Dalam sambutannya Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan dalam satu dekade terakhir Pemerintah telah melakukan kerja lingkungan dengan responsif, adaptif dan progresif yang diwujudkan dengan upaya perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan.

BACA JUGA: Salonpas Sport 10K Run Bakal Kembali Digelar, Buruan Daftar!

"Selama kurun waktu 10 tahun terakhir pada dua masa periode pemerintahan administrasi 2014-2019 dan 2019-2024 di bawah kepemimpinan Yang Terhormat Bapak Presiden Jokowi kerja pemerintah bidang lingkungan hidup secara responsif, adaptif dan progresif terus dilakukan dengan upaya perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan," ungkapnya.

Direktur Utama Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro menuturkan rogram Perhutanan Sosial dinilai mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam mengelola hutan bersama negara.

Pada gelaran kali ini, tiga Kemitraan Perhutani juga mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri LHK di malam penghargaan Festival LIKE 2.

“Perhutani juga terus mengembangkan kemitraan bersama masyarakat desa hutan melalui program Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif, ini merupakan langkah nyata kami mendukung program Pemerintah. Dalam gelaran ini kemitraan kami juga memperoleh penghargaan dari Kementerian KLHK,” tutur Wahyu.

Selain penyerahan SK, berbagai kegiatan menarik lainnya juga memeriahkan Festival LIKE 2, seperti pameran teknologi ramah lingkungan, konser musik, talkshow inspiratif, fun walk, serta malam penghargaan bagi para pelaku dan inovator di bidang lingkungan.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler