Dukungan Pertamina di MotoGP 2023 Harus Diapresiasi

Kamis, 12 Oktober 2023 – 09:37 WIB
Sirkuit Mandalika, panggung MotoGP Indonesia. Foto: themandalikagp

jpnn.com, MANDALIKA - Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengapresiasi dukungan Pertamina terhadap event internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 di Mandalika, pada 13-15 Oktober.

Menurut Piter, dukungan BUMN tersebut tidak hanya memperlancar jalannya ajang balap MotoGP. Selain itu, juga meningkatkan kepercayaan dunia intenasional, termasuk para investor, kepada Indonesia.

BACA JUGA: Siap Sukseskan MotoGP Mandalika 2023, InJourney Bocorkan Sejumlah Persiapan

“Harus diapresiasi. Dukungan Pertamina, termasuk jaminan stok BBM untuk perhelatan MotoGP di Mandalika akan turut menyukseskan event tersebut dan berdampak positif pada ekonomi,” kata Piter.

Dukungan yang diberikan Pertamina, tidak hanya pada tahap kesiapan ajang balap, juga jaminan pasokan energi, serta mobilitas logistik dan mobilitas masyarakat yang datang ke Lombok.

BACA JUGA: Demi Balapan di MotoGP 2023 Mandalika, Alex Rins Fokus Pemulihan Cedera

Termasuk juga rumah makan dan perhotelan, serta bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat di Lombok.

Kelancaran event tersebut, jelas Piter, pada akhirnya akan menumbuhkan kepercayaan dunia internasional, termasuk investor pada Indonesia.

BACA JUGA: Guinness Ajak Para Pegiat Seni & Kelompok Kreatif Berinovasi

Dengan adanya kepercayaan, maka investasi di Indonesia, terutama Lombok, akan meningkat.

“Orang akan makin tergerak ke Mandalika dan ke Lombok. Pariwisata akan tumbuh berkembang lebih cepat lagi. Itulah yang akan memicu pertumbuhan berkelanjutan di Lombok,” ucapnya.

Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, bisa menjadi pemicu supaya ada aliran dana masuk sehingga terjadi aktivitas ekonomi.

“Dalam konteksi inilah menjadi penting menciptakan event-event di berbagai, termasuk MotoGP ini. Dengan MotoGP yang terselenggara sukses, turis akan datang. Aktivitas ekonomi terjadi, terjadi perputaran ekonomi yang menciptakan income bagi masyarakat setempat,” jelas Piter.

Piter menambahkan, perhelatan MotoGP memang memberi dampak ekonomi dari hulu ke hilir di Mandalika.

Bahkan sebelumnya, ketika tahap persiapan, aktivitas ekonomi sudah bergerak. Misal saja, pada tahapan memperbaiki sirkuit sebelum tahapan.

“Di situ kan ada transaksi, ada upah yang diberikan,” tutur Piter.

Keterlibatan UMKM-UMKM pada ajang tersebut, termasuk UMKM binaan Pertamina bisa memacu pertumbuhan ekonomi setempat,

“Untuk itu, agar pertumbuhan bisa sepanjang tahun, pemerintah pusat dan daerah harus memanfaatkan Mandalika dengan menciptakan event-event lain,” imbuhnya.(chi/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler