Anda kembali membaca laporan Dunia Hari Ini, edisi Jumat, 13 Oktober.

Kami sudah merangkum sejumlah informasi terkini yang terjadi di berbagai penjuru dunia.

BACA JUGA: Serangan Israel Menghancurkan Gaza, Ribuan Orang Mengungsi Jalan Kaki

Kita awali dari Australia.Australia gelar referendum besok

Besok menjadi hari terakhir warga Australia untuk memberikan suara mereka dalam referendum 'Voice to Parliament'.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034?

Warga dihadapkan dengan pilihan 'Yes' atau 'No' untuk memiliki lembaga bernama 'The Voice' yang beranggotakan warga Pribumi Australia, yang nantinya bisa memberikan saran kepada parlemen Australia terkait kebijakan yang berdampak langsung pada mereka.

Lebih dari empat juta warga Australia sudah memberikan suara mereka.

BACA JUGA: Scotts Emulsion: Suplemen yang Sudah Ada Sejak 1876 dan Bertahan Sampai Sekarang

Beberapa pihak yang menyuarakan kampanye 'Yes' adalah Partai Buruh dibawah pimpinan PM Anthony Albanese, Partai Hijau yang berhaluan kiri, beberapa politisi independen, organisasi kesejahteraan, serta organisasi keagamaan nasional dan etno-religius.

Polling bulan ini menunjukkan lebih banyak warga Australia berencana untuk memilih 'No', yang disuarakan oleh Partai Liberal dan Partai Nasional yang berada di kawasan regional atau pedalaman Australia.Kelanjutan konflik Israel-Palestina

Tentara Israel mengatakan siap untuk melakukan serangan darat terhadap kelompok Hamas di jalur Gaza, namun pemerintah belum menetapkan kapan rencana tersebut akan dilakukan.

Mereka mengatakan serangan militer tersebut bisa "menyingkirkan" pemimpin kelompok Hamas, termasuk pejabat atau tokoh senior.

Para tentara sudah menurunkan puluhan ribu pasukan ke perbatasan yang menargetkan serangan ke infrastruktur, komandan, dan pusat operasi Hamas.Menuju Pemilu Selandia Baru

Warga Selandia Baru akan memilih perdana menteri baru besok.

Mereka akan memilih antara Perdana Menteri Selandia sekarang yaitu Chris Hipkins dari Partai Buruh, atau Christopher Luxon dari Partai Nasional.

Menurut pengumpulan suara yang dilakukan Guardian Essential, 34 persen responden memilih Partai Nasional, sementara 30 persen lainnya memilih Partai Buruh.

Mantan PM Selandia Baru Jacinda Ardern mengundurkan diri dengan meninggalkan beberapa kebijakan seperti pertanian ramah lingkungan dan pemerintahan bersama Suku Maori.Nasib Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Skuat Garuda sudah satu langkah lebih dekat untuk lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kemarin, mereka berhasil mengalahkan timnas Brunei Darussalam dengan skor 6-0 di Stadion Gelora Bung Karno.

Sejak menit pertama, tim Indonesia langsung mengambil inisiatif untuk menyerang terlebih dahulu, hingga unggul pada menit keenam.

Gol terakhir dicetak oleh Dimas Drajad, dengan lainnya dicetak oleh Rizky Ridho dan Ramadhan Sananta.

Selanjutnya, Indonesia akan melalui leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama melawan Brunei di Stadion Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa mendatang.Australia jemput warganya dari konflik Timur Tengah

Sebanyak 220 warganegara Australia siap dipulangkan besok pagi dengan menggunakan pesawat Qantas di tengah memanasnya konflik Israel dan Hamas.

Qantas juga akan menyediakan penerbangan kedua pada hari-hari mendatang, sementara penerbangan ketiga belum diumumkan.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan sebanyak 1.600 warganegara Australia tercatat berada di daerah Israel, Gaza, atau Tepi Barat, tapi tidak semuanya ingin keluar dari wilayah itu.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dalam Sepekan, Perusahaan Ini Ekspor Ke-4 Negara Sekaligus, Keren

Berita Terkait