Awal pekan yang baru, mari kita kumpulkan semangat baru. 

Dunia Hari Ini edisi 21 November kita awali dengan ajang kompetisi sepakbola terbesar Piala Dunia FIFA 2022 yang sudah resmi dibuka di Qatar.

BACA JUGA: Inggris vs Iran: Laga Pembuktian Harry Maguire

Kalau Anda tidak sempat menontonnya, berikut rangkumannya, juga laporan lain dari sejumlah belahan dunia.Piala Dunia paling 'kontroversial'

Inggris dikenal sebagai negara yang gila sepak bola, tapi stasiun penyiaran publik di negara itu, yakni BBC, memutuskan untuk tak menyiarkan upacara pembukaan.

BACA JUGA: Link Live Streaming Senegal vs Belanda: Duel 2 Tim Pincang

Sebaliknya mereka malah menayangkan siaran bertisi kritikan terhadap catatan hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di Qatar, selain juga masalah jejak emisi karbon dari turnamen besar seperti ini.

"Ini adalah Piala Dunia paling kontroversial dalam sejarah dan pertandingan bolanya bahkan belum dimulai," ujar pembawa acara Match of the Day, Gary Lineker, di TV BBC One.

BACA JUGA: Inggris vs Iran: The Three Lions Berpesta, 2 Pemain Masuk Buku Rekor

Sementara itu dalam pembukaan tersebut, Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, menyebut orang-orang dari semua ras, kebangsaan dan agama hadir secara langsung di Qatar dan berkumpul di depan layar gajet di seluruh dunia untuk berbagi "momen menarik" ini.

Pembukaan diwarnai dengan pertunjukan yang menampilkan aktor Amerika Morgan Freeman, Jungkook dari boy band K-pop BTS dan penyanyi Qatar Fahad Al-Kubaisi.Penembakan di klub gay Colorado

Seorang pria berusia 22 tahun, diidentifikasi bernama Anderson Lee Aldrich, melepaskan tembakan di sebuah klub malam gay di Colorado Springs, Amerika Serikat.

Penembakan yang terjadi akhir pekan kemarin menewaskan lima orang dan 18 orang lainnya terluka.

Pria tersebut kemudian ditangkap polisi, yang juga mengatakan dua senjata, termasuk senapan laras panjang, ditemukan di lokasi kejadian setelah penembakan pada Sabtu malam.

"Setidaknya dua orang secara heroik menghadapi pria bersenjata itu dan menghentikan penembakan," kata Kepala Polisi Vasquez.

Jaksa Michael Allen mengatakan pihaknya masih menyelidiki motif pelaku, termasuk menjajaki apakah perbuatannya itu harus dituntut sebagai kejahatan rasial.Awal dari akhir Perang Ukraina terasa di Kota Kherson

Sudah seminggu sejak kota Kherson di Ukraina selatan dibebaskan dari pendudukan delapan bulan oleh tentara Rusia, namun warga belum bisa melupakan apa yang terjadi.

Populasi di kota ini menyusut menjadi sekitar 80.000 dari sebelumnya 300.000, tapi kota ini perlahan-lahan menjadi hidup kembali.

Apoteker Olena Smoliana merasa sangat gembira ketika tentara Ukraina pada akhirnya memasuki kota.

"??Semuanya terasa berbeda sekarang," ujarnya.

"Jika kami selamat dari pendudukan, kami akan selamat dari ini semua tanpa masalah," ujar Yulia Nenadyschuk, yang sempat bersembunyi di rumah bersama suaminya Oleksandr.Koalisi partai Anwar Ibrahim menang Pemilu Malaysia

Pemilu Malaysia yang berlangsung kemarin tidak menghasilkan pemenang mayoritas yang bisa membentuk pemerintahan di negara dengan sistem Pemerintahan Parlementer itu.

Hasil Pemilu untuk sementara menunjukkan koalisi partai pimpinan Anwar Ibrahim, Pakatan Harapan, meraih suara terbanyak, yaitu 82 kursi Parlemen Nasional yang terdiri atas 222 kursi.

Urutan kedua diraih oleh koalisi Perikatan Nasional pimpinan Muhyiddin Yassin dengan 73 kursi, sementara di tempat ketiga adalah Koalisi Barisan Nasional pimpinan Perdana Menteri petahana Ismail Sabri Yaakob hanya mendapatkan 30 kursi.

Kegagalan koalisi partai-partai utama untuk memenangkan mayoritas ini menyebabkan mereka harus membangun aliansi mayoritas untuk dapat membentuk pemerintahan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aice Chocolate Strike, Es Krim Menarik Buat Nonton Piala Dunia 2022

Berita Terkait