Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi 15 Agustus 2023.Kami sudah merangkum sejumlah kejadian utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir di berbagai penjuru dunia.

Laporan utama datang dari Aceh.

BACA JUGA: Jetstar Membatalkan Penerbangan Darwin-Denpasar Karena Perbaikan Landasan Pacu

Tiga turis Australia ditemukan di perairan Aceh

Empat warga Australia yang hilang di lepas pantai Aceh sudah ditemukan selamat, beserta dua awak kapal lokal.

Elliot Foote, Steph Weisse, Will Teagle, dan Jordan Short sedang berlibur untuk surfing, merayakan ulang tahun Elliot ke-30 tahun.

BACA JUGA: Penelitian Baru di Australia: Jalan Sambil Main Ponsel Tingkatkan Risiko Jatuh

Rombongan tersebut melakukan perjalanan dengan speedboat kayu bersama tiga awak kapal menuju Pulau Banyak, namun mengalami cuaca buruk dan hilang kontak sekitar pukul 18.00 pada Minggu malam.

Pemilik Banyak Surf Resort, Julian Lauencoan, mengatakan tiga dari empat warga Australia diselamatkan oleh perahu jenis catamaran berserta tim pencarian.Mereka masih mencari satu awak kapal lainnya.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: PT Capella Swastika Karya Kehilangan Lisensi Miss Universe Indonesia

[Datawrapper map]Kericuhan di penerbangan Malaysia Airlines

Seorang pria Canberra berusia 45 tahun dituduh telah mengklaim membawa bahan peledak ke dalam pesawat Malaysia Airlines dari Sydney ke Kuala Lumpur.

Pria tersebut dilaporkan sempat menimbulkan kerusuhan di dalam pesawat MH122 yang berangkat dari Sydney sekitar pukul 1 siang, kemarin.

Akhirnya, pesawat tersebut menyatakan kondisi "darurat" sehingga memutar balik ke Sydney sekitar pukul 15:40.

Beberapa jam setelah mendarat, Polisi Federal Australia (AFP) naik ke pesawat dan menahan pria tersebut.Banjir dan tanah longsor di Himalaya 

Hujan lebat memicu banjir dan tanah longsor di wilayah Himalaya India, menyebabkan setidaknya 48 orang tewas dan lainnya terjebak.

Hujan di negara bagian pegunungan Himachal Pradesh mulai deras sejak akhir pekan tersebut, sehingga membanjiri jalan dan menghanyutkan rumah.

Tim penyelamat mulai membantu mereka yang terjebak di bawah tumpukan puing.

Wilayah yang terdampak paling buruk adalah distrik Mandi di Pradesh, di mana tim penyelamat menemukan 19 jenazah.Gunung Etna meletus, penerbangan dibatalkan

Penerbangan ke kota Catania di Sisilia timur dihentikan setelah Gunung Etna yang berada di dekatnya meletus.

Gunung berapi setinggi 3.330 meter itu meletus semalam hingga menyebarkan lava dan abu ke atas pulau Mediterania. Aliran lahar mereda sebelum fajar, namun salah satu kawahnya masih mengeluarkan abu.

Akibatnya, penerbangan ke dan dari Catania, yang merupakan tujuan wisata populer, ditangguhkan hingga pukul 8 malam waktu setempat.

Letusan besar dari gunung tersebut terakhir terjadi pada tahun 1992.Tuntutan pidana terhadap Trump bisa dijatuhkan kapan saja

Serangkaian tuntutan pidana keempat bisa dijatuhkan terhadap Donald Trump kapan saja.

Dewan juri di negara bagian Georgia sudah mendengar tentang proses penyelidikan kasusnya selama dua setengah tahun.

Donald diduga menelepon Menteri Luar Negeri Georgia dan memintanya untuk "mencari" lebih banyak dukungan agar menang pemilu.

Sebuah dokumen yang dilaporkan diunggah ke situs web pengadilan Senin lalu menunjukkan bahwa dakwaan telah diajukan.

Salinan dokumen tersebut mencantumkan 13 dakwaan baru terhadap Donald Trump, yang salah satunya bisa dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indonesia Timur Lahirkan Bakat dan Budaya Hip Hop yang Semakin Digemari

Berita Terkait