Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, yang merangkum sejumlah laporan utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Kami awali berita pertama dari hari pertama Presiden Joko Widodo yang berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA: Jokowi Resmikan Pembangunan Jembatan Pulau Balang, Hutama Karya Berkomitmen Dukung Kemajuan IKN

Agenda kerja Jokowi di IKN

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana mengatakan Presiden Joko Widodo akan menerima tamu serta menggelar rapat dengan jajaran Otorita IKN serta sejumlah pejabat Kalimantan Timur di Kantor Presiden IKN ini, Senin (29/07) hari ini.

Rencananya, Presiden Jokowi akan berada di IKN selama tiga hari, termasuk menginap di Kantor Presiden dengan ditemani Ibu Iriana Widodo.

BACA JUGA: Jokowi Klaim Air Melimpah dan Listrik Oke di IKN

Kepala Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga mengatakan kepada wartawan jika gedung Kantor Presiden, istana, dan lapangan upacara di IKN sudah mencapai 90 persen dan masuk tahap akhir.Padahal, empat hari lalu Presiden Jokowi sendiri mengatakan "tidak mau maksa-maksa" soal kesiapan IKN, yang nantinya "akan menurunkan kualitas interior, kualitas bangunan".

"Kalau kursinya belum ada, bagaimana mau duduk? Masa lesehan? Sidang kabinet lesehan," ungkap Presiden Jokowi kepada wartawan saat peluncuran Golden Visa di Jakarta, Kamis lalu (25/07).

BACA JUGA: Jokowi Ajak Para Artis Naik Motor Keliling IKN, Lihat Nih Aksinya

Israel membalas serangan Hizbullah

Israel menyerang sejumlah lokasi di selatan Lebanon dengan menargetkan Hizbullah, sebagai balasan atas serangan kelompok Hizbullah di Dataran Tinggi Golan yang menewaskan 12 anak-anak.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji untuk membalas serangan kelompok yang didukung Iran tersebut dengan menyebut Hizbullah akan membayar "dengan harga yang mahal".

Hizbullah membantah bertanggung jawab atas serangan di Dataran Tinggi Golan, yang jadi serangan paling mematikan di Israel atau wilayah yang diduduki Israel sejak dimulainya konflik di Gaza.

"Kami sama sekali tidak ada hubungannya dengan insiden itu, dan dengan tegas membantah semua tuduhan palsu dalam hal ini," kata kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan.Longsor di Tiongkok tewaskan belasan orang

Lima belas orang tewas akibat tanah longsor yang terjadi di kawasan wisata di desa Yuelin, provinsi Hunan, Tiongkok, sempat membuat 12 orang terperangkap.

Media di Tiongkok menyebutkan bencana tersebut terkait dengan Topan Gaemi, yang mulai menerjang kawasan Tiongkok pekan lalu.

Topan Gaemi juga telah meningkatkan curah hujan monsun di Filipina, menewaskan sedikitnya 34 orang, serta menerjang Taiwan dengan korban tewas 10 orang.

Hujan lebat di Tiongkok dirasakan di sejumlah kawasan di Tiongkok, seperti di Liaoning dan Shanghai, membuat lebih dari 30 ribu orang harus dievakuasi.Venezuela menunggu hasil pemilu

Perkelahian tejadi di sebuah tempat pemungutan suara di kota Caracas, saat pencoblosan pemilihan presiden ditutup Minggu (28/07) kemarin waktu setempat.

Sebelumnya sejumlah warga berteriak menuntut agar bisa menyaksikan penghitungan suara sambil meneriakkan slogan-slogan "kebebasan" dan menentang pemerintahan Nicholas Maduro.

Pemimpin oposisi Maria Corina Machado sebenarnya menjadi bintang dalam kampanye, tapi ia harus menyerahkan tongkat estafet kepada kandidat Edumundo Gonzalez dalam pilres kali ini.

Meski Edmundo mendapat dukungan dari sejumlah partai, termasuk partai yang berkuasa, sejumlah pengamat ragu jika pilpres akan berjalan adil karena pernah ada penangkapan terhadap petinggi oposisi.

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Mulai Kerja dari Kantor Presiden di IKN

Berita Terkait