Dunia Hari Ini edisi Rabu, 25 Oktober 2023 kembali hadir dengan rangkuman berita-berita dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir.

Kita awali dengan berita dari Australia.

BACA JUGA: Menteri Australia Sebut Palestina Menerima Hukuman Kolektif

Seratus tahun Vegemite

Vegemite, produk selai paling terkenal di Australia, berulang tahun yang ke-100.

Produk tersebut diracik oleh Cyril P. Callister, seorang ahli teknologi pangan dan ahli kimia.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Hamas Membebaskan Dua Warga Israel yang Ditahannya

Pada tahun 1923, ia ditugaskan seorang pebisnis bernama Fred Walker untuk membuat pengganti Marmite, produk selai asal Inggris yang berhenti beredar di Australia setelah Perang Dunia I.

Setelah satu tahun melalui 'trial and error', Cyril akhirnya berhasil membuat Vegemite.

BACA JUGA: Menlu Australia Serukan Persatuan Melawan Islamofobia setelah 2 Masjid Dibakar

Vegemite pada dasarnya adalah produk dengan bahan dasar 'yeast' yang dikembangkan melalui penggunaan sisa ragi pembuat bir dari Carlton United Brewer di Australia.'Rasanya seperti di neraka'

Warga Israel tawanan sipil yang baru dibebaskan Hamas mengatakan ia sempat dipukuli oleh militan ketika diculik dan dibawa ke Gaza pada tanggal 7 Oktober, meski kemudian "diperlakukan dengan baik".

"Rasanya seperti di neraka," ujar Yocheved Lifshitz, perempuan yang berusia 85 tahun.

"Mereka masuk rumah-rumah kami. Memukul orang. Menculik siapapun, mau tua atau muda, tanpa terkecuali."

Hingga saat ini masih ada 220 tawanan di tangan Hamas, termasuk suami Yocheved.

Lembaga penyiaran publik Kan mengatakan sepertiga dari warga Nir Oz, yaitu sebanyak 400 orang, dipercaya telah diculik atau dibunuh pada tanggal 7 Oktober. Total warga yang sudah dibunuh oleh kelompok Hamas adalah 1.400 orang.Menteri Pertahanan Tiongkok dicopot lagi

Tiongkok mencopot Menteri Pertahanannya untuk kedua kalinya dalam tiga bulan.

Jenderal Li Shangfu, yang selama dua bulan terakhir hilang dari peredaran, diberhentikan sebagai Menteri Pertahanan dan anggota dewan negara.

Dilaporkan bulan lalu ia sedang diperiksa atas dakwaan korupsi terkait dengan pengadaan barang.

Tiongkok juga mengumumkan kalau Qin Gang, yang diberhentikan sebagai Menteri Luar Negeri Juli lalu, juga dicopot dari posisinya sebagai anggota dewan negara.

Pengganti untuk Li belum ditetapkan, sehingga Tiongkok belum memiliki Menteri Pertahanan meski akan menyambut para menteri pertahanan dalam acara Forum Beijing Xiangshan pada 29-31 Oktober.Anjing tertua di dunia mati

Bobi, anjing Portugis yang menyandang gelar anjing tertua menurut Rekor Dunia mati di usia 31 tahun.

Lahir pada 11 Mei 1992, kematiannya pertama kali diumumkan di Facebook oleh seorang dokter hewan bernama Karen Becker.

Leonel Costa, yang usianya baru delapan tahun ketika Bobi lahir, mengatakan orangtuanya merasa mereka memiliki terlalu banyak binatang, sehingga hendak mematikan para bayi anjing tapi memutuskan untuk membiarkan Bobi tetap hidup.Kremlin membantah 'rumor body double' Putin

Pemerintah Rusia membantah laporan kalau Presiden Vladimir Putin sakit, dan menertawakan rumor yang menyebutkan Presiden Putin memiliki orang yang mirip dengannya untuk berpura-pura menjadi dirinya untuk tampil di depan publik.

"Semuanya baik-baik saja dengan Putin, semua pernyataan ini tentunya hanyalah rumor," ujar juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Sebelumnya, muncul spekulasi di media Barat bahwa sang presiden sedang sakit parah.

Dalam sebuah wawancara di tahun 2020, Presiden Putin membantah rumor yang sudah beredar lama tentang apakah dirinya memiliki 'body double', meski mengatakan ia sempat ditawari untuk alasan keamanan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Jutaan Warga Australia Mengalami Kerawanan Pangan

Berita Terkait