Halo! Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan penuh semangat.

Masih di suasana awal pekan, kami enggak ingin Anda ketinggalan berita karena kesibukan aktivitas kemarin. Untuk itu, kami rangkumkan sejumlah informasi utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir dari seluruh pelosok dunia.

BACA JUGA: Apakah Bergosip Baik Untuk Kita? Ini Temuan dari Sejumlah Pakar Psikologi

Inilah Dunia Hari Ini, edisi Selasa, 20 September 2022.Dua orang tewas akibat badai topan

Topan Nanmadol yang membawa hujan lebat dan angin kencang menerjang bagian barat Jepang, Senin kemarin, menewaskan dua orang, sementara puluhan ribu warga lainnya terpaksa mengungsi.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Gempa di Taiwan, Peringatan Tsunami Sempat Dikeluarkan

Stasiun TV Jepang, NHK, merekam bagaimana rumah-rumah di bantaran sungai diterjang angin kencang.

Media setempat melaporkan satu orang ditemukan tewas di dalam mobil yang terendam hingga bagian atap mobil, sementara satu orang lainnya tewas tertimbun tanah longsor.

BACA JUGA: Inilah Sejumlah Kisah Sulitnya Menjadi Penduduk Tetap di Australia

Setidaknya 115 orang dilaporkan terluka dan sekitar 286.000 rumah kehilangan aliran listrik.

Hari ini, badai ini diperkirakan akan terus bergerak ke pesisir Jepang sebelum menuju kawasan Pasifik.Belasan kali gempa susulan di Taiwan

Ratusan orang  masih terjebak dan belum dievakuasi di kawasan pegunungan Taiwan, setelah gempa susulan mengguncang dan menghancurkan sejumlah jembatan, jalan, dan gedung.

Badan survei geologi Amerika Serikat mencatat 17 kali gempa sejak dua hari lalu.

Gempa-gempa susulan setelah dua gempa besar selama dua hari berturut-turut juga telah menyebabkan kereta keluar dari relnya, mencederai lebih dari 140 penumpang.

Di tahun 2016 gempa besar juga pernah mengguncang Taiwan yang menewaskan 100 orang dan gempa berkekuatan 7,3 SR berdampak pada dua ribu orang.Enam anak terbunuh di Myanmar  

Media lokal di Myanmar melaporkan setidaknya enam anak tewas dan 17 lainnya terluka dalam sebuah serangan helikopter di wilayah Sagaing.

Foto-foto yang diunggah ke media sosial memperlihatkan tempat-tempat yang rusak, termasuk lubang-lubang bekas peluru dan bercak darah di gedung sekolah.

Dua orang warga, yang identitasnya dirahasiakan karena alasan keamanan, mengatakan jenazah anak-anak itu kemudian diangkut oleh militer Myanmar ke kota kecil berjarak 11 kilometer dan dikuburkan di sana.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, militer Myanmar mengatakan Kachin Independence Army (KIA) dan People's Defence Force (PDF), kelompok pemberontak yang dicap teroris oleh pemerintah Myanmar, telah bersembunyi di biara dan menggunakan desa tersebut sebagai jalur transportasi senjata.Indonesia - Australia sepakat perkuat ekonomi

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati dan Bendahara Negara Australia, Jim Chalmers kemarin menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Canberra, Australia, untuk memperkuat kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Menurut Menteri Jim, MoU ini akan memfasilitasi pertukaran pejabat dan gagasan antara Kementerian Keuangan Indonesia dan Departemen Keuangan Australia.

MoU tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan kerja sama Indonesia-Australia menjelang Pertemuan Menteri Keuangan G20 di Washington D.C. bulan depan.

Sri Mulyani menghadiri Dialog Kebijakan Ekonomi Indonesia-Australia tahunan, yang tahun ini dipandu oleh Departemen Keuangan Australia dengan fokus terkait situasi global dan regional, tabungan dan investasi, sistem pensiun, perubahan iklim dan transisi energi.Banding ditolak, Sambo resmi dipecat

Kepolisian Negara Republlik Indonesia menolak permohonan banding mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo terkait pemecatannya dalam sidang etik akhir Agustus lalu.

Keputusan ini disampaikan oleh pimpinan sidang komisi banding Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Komjen Agung Budi Maryoto, Senin kemarin.

Dengan putusan banding ini, Ferdy Sambo resmi dipecat dari instansi Polri.

"Banding ini sifatnya final dan mengikat, sudah tidak ada lagi upaya hukum, ini upaya hukum yang terakhir," ucap Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Ferdy Sambo kini dibayangi ancaman hukuman mati sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat, atau dikenal dengan panggilan Brigadir J.Salam perpisahan terakhir untuk Ratu

Anjing jenis corgi bernama Muick dan Sandy, juga kuda poni bernama Emma ikut menyambut mendiang tuannya, Ratu Elizabeth II untuk dimakamkan di kediamannya di Kastil Windsor.

Hewan-hewan peliharaan Ratu ini terlihat menunggu kedatangan mobil jenazah Ratu dengan sabar. Mereka juga ikut memperhatikan saat peti tuannya dibawa ke dalam Kapel St George.

Selama bertahta, Ratu Elizabeth telah memelihara sekitar 30 ekor anjing jenis corgi dan dorgi.

Cintanya kepada anjing telah terkenal, sama halnya dengan kecintaannya pada kuda.

Emma, kuda poni Ratu, juga ikut menyambut iring-iringan tiba ke Windsor. Ia terlihat menjejakkan kakinya ke tanah saat mobil yang membawa peti Ratu melewatinya.   

Setelah kematian Ratu, putra ketiganya, Pangeran Andrew, dilaporkan akan meneruskan memelihara  hewan-hewan kesayangan ibunya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Balik Kasus Calon Pekerja Online Asal Indonesia di Kamboja

Berita Terkait