Dunst Terbaik di Tengah Kontroversi

Selasa, 24 Mei 2011 – 14:17 WIB
CANNES - Setelah melepas peran Mary Jane dalam tiga installment laris Spiderman, Kirsten Dunst justru semakin menunjukkan kematangan aktingTerbukti, perempuan 29 tahun itu meraih mahkota aktris terbaik dalam Festival Film Cannes yang berakhir Minggu malam lalu (22/5)

BACA JUGA: Tujuh Piala dan Satu Ciuman untyuk Bieber

Award bergengsi tersebut dia raih berkat peran Justine, si gadis depresi dalam film Melancholia.

Kemenangan Dunst itu cukup mengejutkan
Sejak awal Melancholia mengantongi cap buruk dari dewan juri yang diketuai Robert de Niro

BACA JUGA: Syahrini, Kuat Berkat Penggemar

Penyebabnya, sutradara film tersebut, Lars von Trier, secara kontroversial mengaku bahwa dirinya seorang Nazi
Dalam konferensi pers pada awal festival, dia bahkan menyatakan memaklumi perbuatan Adolf Hitler

BACA JUGA: Arumi Bachsin Dapat Izin Pacaran

Alhasil, sutradara asal Denmark itu di-persona non-grata-kan oleh juri.

"Sungguh pekan yang luar biasaTentu saja saya deg-deganSelama konferensi pers, saya tidak henti membatin, Lars, diamlah," ungkap Dunst sebagaimana dilansir Daily Mail"Dia sutradara yang hebatTapi, kadang saya pikir dia semestinya membiarkan filmnya yang berbicaraTak perlu dia membuat statemen seperti itu," imbuhnya.

Terlepas dari kontroversi Von Trier, gelar aktris terbaik tersebut merupakan pengakuan penuh publik film terhadap pemeran Claudia dalam Interview with the Vampire ituSesuatu yang tak mudah didapat oleh aktor maupun aktris kelahiran AS, terutama yang namanya besar dari industri Hollywood.

Lima tahun silam, Dunst menjadi bulan-bulanan kritikus Cannes karena akting jeleknya dalam Marie Antoinette besutan Sofia CoppolaTentu pengalaman tersebut menjadi pelajaran penting bagi dirinyaMeski, saat itu pun dia mengaku sudah tahu akan dicerca habis-habisan.

"Sudah pasti (kritikus) Prancis akan mengejek saya," kata Dunst kepada Entertainment Weekly kala itu"Itu tidak saya masukkan ke hatiIbaratnya, apa yang akan dikatakan orang AS kalau ada film tentang George Washington yang diperankan orang Prancis? Seperti itulah," ujarnya.

Tapi, tampaknya, Prancis lebih bersahabat bagi para sineas AS tahun iniSelain Dunst yang merebut aktris terbaik, trofi Palme d"Or sebagai award film terbaik dianugerahkan kepada film The Tree of Life besutan sutradara AS Terrence MalickItu juga merupakan kali pertama dalam enam tahun terakhir film asal AS kembali merebut Palme d"Or setelah Fahrenheit 9/11 bikinan Michael Moore.

"Film ini (The Tree of Life, Red) punya nuansa epikUkuran, arti penting, intensi, apa pun Anda menyebutnya, ia cocok memenangi award," kata De Niro sebagaimana dilansir AFPSayangnya, Malick tidak hadir dalam penyerahan penghargaan.

Drama keluarga yang mengadu akting Brad Pitt dan Sean Peen itu ber-setting tahun 1950-anMenceritakan perjalanan seorang bocah asal Texas yang mencari jati diri di tengah peralihan zamanSayangnya, meski rampung sejak 2008, film tersebut belum dilempar ke pasaran karena masalah distribusi.

Pemenang penghargaan lain adalah Nicolas Windong Refn yang merebut gelar sutradara terbaik lewat film thriller Drive yang memasang Ryan Gosling sebagai bintangSementara itu, trofi aktor terbaik diraih aktor tuan rumah Jean Dujardin lewat peran apiknya sebagai Michel Hazanavicius dalam film The Artist(na/c5/any)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jupe Bakal Bugil untuk Proyek Pemerintah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler