Duo Didikan Bernardo Tavares Cetak Sejarah Baru

Rabu, 17 Mei 2023 – 17:37 WIB
Ananda Raehan dan Ramadhan Sananta saat berkostum Timnas Indonesia. Foto: Dok Instagram pribadi Ananda Raehan

jpnn.com, JAKARTA - Dua anak emas Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, yakni Ramadhan Sananta dan Ananda Raehan sukses mencetak rekor baru tahun ini. 

Kedua pemain muda tersebut sukses mempersembahkan medali emas untuk timnas Indonesia pada Cabang Olahraga (Cabor) Sepak Bola. 

BACA JUGA: Bernardo Tavares Menjadi Pelatih Terbaik Liga 1 2022/23

Capaian itu merupakan prestasi gemilang Indonesia setelah absen 32 tahun lamanya. Terakhir Indonesia mendapat medali emas pada tahun 1991 silam. 

Sekadar diketahui, dua pemain itu merupakan hasil didikan Bernardo Tavares di PSM Makassar. Keduanya mendapat kesan selama satu musim ini.

BACA JUGA: Ini 3 Hal Yang Diungkapkan Bernardo Tavares Seusai PSM Juarai Liga 1

Terbukti Sananta dan Ananda Raehan membuktikan kualitasnya selama ini. Mereka berhasil membawa Pasukan Ramang meraih titel juara Liga 1. 

Tak lama kemudian, dua pemain muda ini membawa Timnas Indonesia meraih medali emas pada ajang olahraga bergengsi di Asia Tenggara.

BACA JUGA: Eks Pelatih PSM Makassar Puji Kehebatan Bernardo Tavares, Simak Kalimatnya

Pengamat sepakbola Assegaf Razak mengakui peran Bernardo Tavares sangat penting untuk kedua pemain tersebut. Mereka mendapat kesempatan bermain selama berada di PSM selama ini.

"Bernardo Tavares memiliki peran penting dalam perkembangan kedua pemain itu. Pelatih PSM memberikan kesempatan jam bermain selama ini," kata Assegaf Razak, Rabu (17/5).

Assegaff menerangkan Ramadhan Sananta sebelum bermain di Persikabo. Namun, di sana dia tidak mendapat jam bertanding dan akhirnya pindah ke PSM Makassar.

Selama di PSM, Sananta mendapat kesempatan hingga mampu membuktikan dirinya sebagai salah satu striker muda andalan. 

Begitu juga dengan Ananda Raehan, memiliki usia yang muda , namun Bernardo mampu mengubahnya menjadi salah satu pilar penting itu tim.

"Bernardo Tavares merupakan pelatih yang cerdas. Dia mampu menciptakan generasi muda yang berbakat. Terbukti para pemain ini mampu memberikan kontribusi besar untuk tim maupun timnas Indonesia," terangnya.

Hingga saat ini, kedua pemain ini sukses mempersembahkan prestasi gemilang pada musim ini. (mcr29/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : M. Srahlin Rifaid

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler