Efek Rumah Kaca Akhirnya Hadirkan Vinyl Album Rimpang

Minggu, 01 September 2024 – 07:17 WIB
Efek Rumah Kaca. Foto: Dok. Demajors

jpnn.com, JAKARTA - Grup musik, Efek Rumah Kaca (ERK) akhirnya menghadirkan album Rimpang dalam format vinyl atau piringan hitam.

Setelah dirilis dalam format digital dan CD, album Rimpang dalam bentuk vinyl diedarkan oleh ERK melalui kerja sama dengan perusahaan rekaman, Demajors.

BACA JUGA: Efek Rumah Kaca Bangga Bisa Terlibat dalam Forestra 2024

Vinyl album Rimpang hadir dalam dua versi, yaitu regular (black) dan limited edition (clear).

Pada 30 Agustus 2024, Efek Rumah Kaca bersama Demajors melaksanakan acara peluncuran vinyl album versi regular (black) yang dibanderol dengan harga Rp 450,000.

BACA JUGA: Efek Rumah Kaca Menggelar Pertunjukan Rimpang

Selain penjualan vinyl, rangkaian acara yang digelar di kantor Demajors juga diisi sesi meet and greet, siaran langsung ERK di Synchronize Radio, dan sesi memainkan lagu-lagu dari piringan hitam oleh personel Efek Rumah Kaca dan teman-teman.

Bagi para penggemar yang tidak hadir di acara peluncuran, tidak perlu khawatir karena vinyl album Rimpang versi regular (black) tersedia mulai 31 Agustus 2024 di seluruh jaringan edar, serta website Demajors.

BACA JUGA: Efek Rumah Kaca Edarkan CD Album Rimpang

Sementara itu untuk versi limited edition akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Terinspirasi dari teori rhizome oleh Deleuze dan Guattari, Rimpang merupakan gambaran tentang betapa harapan-harapan, baik yang kecil maupun besar, muncul secara acak, tak linier, tanpa hirarki, dan dalam berbagai situasi (santai maupun tertekan) menjalar secara diam-diam.

Heroik merupakan single pertama dari album Rimpang, sekaligus perkenalan atau kisi-kisi arah musikal Efek Rumah Kaca berikutnya.

Selanjutnya, Fun Kaya Fun, fokus trek dalam album itu yang dibawakan bersama Suraa, pseudonim dari Cempaka Surakusumah yang kerap membantu ERK tampil di berbagai panggung.

Pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023, album Rimpang masuk ke dalam nominasi Album Alternatif Terbaik dan single Fun Kaya Fun menjadi salah satu karya terpilih dalam nominasi Duo/Grup/Kolaborasi Alternatif Terbaik.

Kedua hal tersebut menjadi bukti bahwa Rimpang mendapatkan cukup banyak sorotan dan respons positif dari para khalayak luas.

"Karena Rimpang adalah album terakhir saat ini, jadi selera estetika kami memang sedang ada di situ. Tentunya senang sekali dengan hadirnya vinyl ini, ragam kehangatan dalam mendengarkan album Rimpang pun bisa banyak caranya. Bisa melalui platform streaming digital, CD, dan sekarang akhirnya vinyl," kata Cholil, vokalis Efek Rumah Kaca.

 (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler