Efek Samping Minum Kopi tanpa Kafein untuk Kesehatan

Kamis, 18 Juni 2020 – 20:19 WIB
Kopi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Apakah Anda sering minum kopi tanpa kafein? Apakah Anda mengalami mulas atau nyeri sendi akhir-akhir ini?

Jika ya, maka Anda mungkin mengalami efek samping kopi tanpa kafein yang Anda minum.

BACA JUGA: Mengapa Minum Kopi Bisa Menyebabkan Rasa Ngilu?

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (17/6).

1. Menyebabkan Komplikasi Jantung

BACA JUGA: Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong, ini 5 Dampaknya

Kopi tanpa kafein bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL). Efek ini tidak diamati pada varian jenis kopi berkafein.

Kopi tanpa kafein ditemukan mampu meningkatkan lemak darah spesifik yang terkait dengan sindrom metabolik. Dalam penelitian lain, beralih dari kopi berkafein ke kopi tanpa kafein tidak mengurangi risiko serangan jantung.

BACA JUGA: 4 Cara Sehat Minum Kopi, Bisa Bikin berat Badan Turun Lho

Meskipun kopi tanpa kafein sendiri mungkin tidak berbahaya, bahan kimia yang digunakan dalam proses tanpa kafein, yakni metilen klorida, salah satu pelarut yang digunakan untuk menghilangkan kafein, bisa bersifat karsinogenik.

Dua cangkir kopi tanpa kafein sehari masih aman pada orang sehat. Tetapi sesuai dengan ketentuan FDA, jika Anda bereaksi keras terhadap kafein secara negatif, maka Anda harus menghindari kopi tanpa kafein.

2. Memperburuk Artritis Rematoid

Konsumsi kopi tanpa kafein dikaitkan dengan peningkatan risiko rheumatoid arthritis. Anehnya, kopi berkafein tidak menimbulkan risiko ini. Penyebab mendasar di balik ini bisa jadi persiapan dan pengolahan kopi tanpa kafein.

3. Menyebabkan Keasaman

Kopi tanpa kafein ditemukan mampu meningkatkan konsentrasi serum gastrin. Gastrin adalah hormon yang memicu pelepasan asam lambung. Ketika ini terjadi secara berlebihan, maka hal itu bisa menyebabkan gejala keasaman.

4. Mengganggu Penyerapan Zat Besi

Kopi, secara umum, mengandung asam klorogenat, dan begitu pula kopi tanpa kafein. Asam klorogenik ditemukan mampu menghambat penyerapan zat besi nonheme (nabati).

5. Menyebabkan Sakit Kepala Dan Mengantuk

Individu yang mengonsumsi kopi secara teratur mungkin sering mengalami sakit kepala, mengantuk, dan bahkan kelelahan ketika diberikan kopi tanpa kafein.

Kekhawatiran lain yang mungkin terjadi adalah penggunaan metilen klorida dalam proses dekafeinasi. Beberapa penelitian mengatakan bahan kimia tersebut bisa memperlambat sistem saraf pusat, yang menyebabkan sakit kepala, kantuk, dan mual.(fny/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler