Eggsperimen, Metode Sederhana Ajarkan Anak-Anak Merawat Gigi dan Mulut

Senin, 25 September 2023 – 22:55 WIB
Eggsperimen, Metode Sederhana Ajarkan Anak-Anak Merawat Gigi dan Mulut. Foto: Formula Oral Care

jpnn.com, JAKARTA - Formula oral care mengedukasi siswa sekolah dasar (SD) tentang pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut melalui percobaan Eggsperimen.

Kegiatan edukasi ini dilakukan di sejumlah kota di Indonesia, dengan menargetkan lebih dari 10.000 pelajar SD.

BACA JUGA: Hempaskan Gigi Kuning dengan 5 Pengobatan Alami Ini

Di Sekolah Stella Maris Jakarta, para siswa rmengikuti kegiatan peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) yang diperingati setiap 12 September 2023.

Pada kegiatan ini, para siswa diajak melakukan percobaan sederhana menggunakan cangkang telur, larutan cuka, dan wadah.

BACA JUGA: Redakan Sakit Gigi dengan Mengonsumsi 4 Obat Ini

Cangkang telur direndam dalam larutan cuka selama beberapa saat. Ada juga cangkang telur yang direndam dengan pasta gigi Formula.

Hasilnya, menunjukkan perbedaan antara cangkang telur yang dirawat dengan baik dan yang tidak.

BACA JUGA: Benarkah Pasta Gigi Bisa Memutihkan Kulit Ketiak yang Menghitam?

Cangkang telur yang direndam dengan pasta gigi Formula menggambarkan perilaku rutin dalam merawat gigi.

Selanjutnya, cangkang telur yang telah direndam dengan pasta gigi Formula dikelilingi oleh sedikit buih dan tidak mudah rapuh.

Dibandingkan dengan cangkang telur yang tidak direndam pasta gigi penuh dengan buih dan jika dibiarkan lebih lama akan mudah rapuh dan hancur.

"Ini eksperimen sederhana yang mudah dipahami oleh semua kalangan untuk menunjukkan pentingnya merawat gigi secara rutin dan dengan benar," kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group (Formula Oral Care) dalam keterangannya, Senin (25/9).

Menurut Harianus, eksperimen ini menunjukkan bahwa gigi yang dirawat dengan baik akan lebih kuat melawan faktor-faktor perusak gigi seperti asam.

Sementara itu, drg. Dewi Widjaja sangat mengapresiasi cara edukasi tersebut. Metode eggsperimen sangat menarik untuk memberikan pemahaman khususnya kepada anak-anak tentang pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut.

"Metode ini sederhana tetapi sangat lengkap dalam menjelaskan apa dampak baik jika rajin merawat gigi dan dampak buruk jika tidak," tuturnya.

Selain kegiatan Eggsperimen, para siswa Sekolah Stella Maris juga melakukan kegiatan sikat gigi bersama, dengan bimbingan dari drg Dewi Widjaja dan tim. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler