Ekon Goes to Campus di Undip, Bahas Peran Generasi Muda dalam Transformasi Ekonomi Nasional

Jumat, 27 September 2024 – 17:21 WIB
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyelenggarakan acara Ekon Goes to Campus dengan tema 'Peran Penting Generasi Muda Mendukung Transformasi Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Emas 2045'di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Rabu (25/9).. Foto: Dokumentasi Kemenko Perekonomian

jpnn.com, SEMARANG - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyelenggarakan acara Ekon Goes to Campus dengan tema 'Peran Penting Generasi Muda Mendukung Transformasi Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Emas 2045'di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Rabu (25/9).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah saat ini tengah berfokus dalam mendorong pemanfaatan bonus demografi untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA: Menko Airlangga: Bersinergi untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Hal tersebut menunjukkan generasi muda memiliki peran strategis dalam mendukung transformasi ekonomi serta menentukan arah masa depan bangsa.

Melalui inovasi, kreativitas, serta adaptasi teknologi, generasi muda memiliki kekuatan besar untuk mengakselerasi pembangunan dan memperkuat daya saing Indonesia di kancah global.

BACA JUGA: Menko Airlangga Ungkap Penyelesaian Perundingan I-EU CEPA Membawa Peluang Investasi

Dengan demikian, peran generasi muda tidak hanya terbatas pada kontribusi dalam ekonomi digital dan inovasi, tetapi juga mencakup partisipasi aktif dalam memperkuat posisi Indonesia di kancah global.

BACA JUGA: Hadiri Peringatan Berdirinya RRT, Menko Airlangga: Indonesia & Tiongkok Saling Melengkapi

Salah satu langkah strategis menuju Indonesia Emas 2045 yakni dengan menjadi bagian dari the Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), di mana standar kebijakan ekonomi dan sosial internasional diterapkan.

Guna mencapai hal tersebut, keterlibatan mahasiswa dan lembaga pendidikan sangat penting dalam menyiapkan SDM yang kompetitif, berwawasan global, dan mampu menghadapi dinamika ekonomi dunia.

“Visi indonesia sebagai negara maju tidak dapat tercapai jika kita semua berjalan business as usual. Butuh adanya transformasi di segala bidang. Rekan-rekan sekalian harus bersiap dengan transformasi ini. Harus siap merespons pesatnya pertumbuhan teknologi dan digital, serta serta harus siap meng-upgrade skill yang relevan untuk kebutuhan masa depan,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resminya, Jumat (27/9).

Melalui acara tersebut, Kemenko Perekonomian menyasar potensi generasi muda sebagai tonggak kepemimpinan bangsa di masa mendatang.

Sebagai agen perubahan, mahasiswa tentu diharapkan mampu menghadirkan ide-ide segar serta inovasi yang mampu mendongkrak produktivitas dan mampu menghadapi berbagai tantangan ekonomi ke depan.

“Kami di sini sebenarnya tidak hanya ingin melakukan sosialisasi kebijakan Pemerintah, tapi tentu kami juga ingin menyerap pemahaman adik-adik mahasiswa ini terkait dengan program-program Pemerintah, khususnya di bidang perekonomian,” ungkap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kemenko Perekonomian yang juga Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto.

Lebih lanjut dia menyampaikan lembaga pendidikan juga diharapkan dapat mengadopsi praktik terbaik global dan memastikan bahwa standar pendidikan di Indonesia setara dengan negara-negara maju yang tergabung dalam OECD.

Hal ini penting untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia di kancah internasional, sekaligus mendukung transformasi ekonomi yang berkelanjutan.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Teguh Yuwono dalam sambutannya juga memperkenalkan program studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, berikut juga dengan program fakultas hingga sarana dan prasarana yang dimiliki.

Selain itu juga pemaparan dari beberapa narasumber, yakni Analis Kebijakan Ahli Madya Kemenko Perekonomian Hadianto Wirayuda, Analis Kebijakan Ahli Muda Kemenko Perekonomian Sugeng Tribowo, dan Dosen FISIP Universitas Diponegoro Laila Kholid.

Selain dimeriahkan dengan kuis, seminar ini juga menampilkan diskusi interaktif yang melibatkan para mahasiswa dan pembicara, yang memunculkan berbagai ide dan pandangan terkait perekonomian Indonesia.

Acara seperti ini tentu diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih berperan aktif dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional dan mempersiapkan Indonesia menghadapi tantangan global di masa depan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, di antaranya Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Rouli Manalu, Pranata Humas Ahli Madya Kemenko Perekonomian Ferry Surfiyanto, serta Pranata Humas Ahli Muda Kemenko Perekonomian Thelma Amelita dan Iqbal Mustika Jaya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler