Ekonomi Masih Bisa Tumbuh Baik, Ancaman Resesi Global Bagaimana?

Kamis, 06 Oktober 2022 – 19:25 WIB
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Sadewa optimistis ekonomi Indonesia masih akan mampu tumbuh dengan baik pada 2023. Ilustrasi/foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Sadewa optimistis ekonomi Indonesia masih akan mampu tumbuh dengan baik pada 2023.

Menurut Purbaya, Indonesia dinilai bisa bertahan di tengah adanya ancaman resesi global.

BACA JUGA: Kawal Pemulihan Ekonomi, Polri Belanjaan Produk Dalam Negeri hingga di Atas 70 Persen

“Kalau saya lihat kami masih bisa tumbuh dengan baik tahun depan. Jadi teman-teman sektor perbankan tidak perlu terlalu takut dan pesimistis terhadap prospek ekonomi ke depan,” kata Purbaya dalam Webinar Infobank di Jakarta, Kamis (6/10).

Purbaya mengatakan banyak orang khawatir pada perekonomian 2023 karena ada ancaman resesi beriringan dengan pemulihan pasca-pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Kamrussamad: P20 Menjadi Momen Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional dan Global

Berbagai lembaga internasional memperkirakan ekonomi global hanya tumbuh sebesar 2,9 persen sampai 3,2 persen untuk 2022 sedangkan tahun depan hanya 2,8 persen sampai tiga persen.

Adapun tantangan itu meliputi kenaikan inflasi dan harga energi, pelemahan beberapa ekonomi utama dunia seperti Amerika Serikat dan Tiongkok serta kenaikan suku bunga.

BACA JUGA: INDEF: Kebijakan Satu Peta Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

"Membuat masyarakat hidup di era yang penuh dengan gejolak, ketidakpastian, kompleks, dan ambigu," ungkapnya.

Meski demikian, Purbaya menuturkan Indonesia sudah menemukan cara yang jitu untuk menghindari dan meringankan tekanan eksternal sehingga terlatih dalam menghadapi krisis.

“Kalau saya lihat dari pengalaman kita selama ini dan strategi yang sudah kita terapkan selama ini, kita sudah menemukan cara jitu untuk menghindari atau meringankan tekanan negatif dari luar,” katanya.

Purbaya menambahkan siklus bisnis Indonesia paling pendek tujuh tahun jadi jika Indonesia resesi pada 2020 dan mulai pulih pada 2021 seharusnya perbaikan ini bisa ekspansi maksimal sampai 2028.

“Itu paling tidak. Kalau kita pintar sedikit maka 10 tahun kita bisa ekspansi atau sampai 2031 nanti,” tegas Purbaya. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ekonomi   Resesi global   resesi   inflasi   Bisnis  

Terpopuler