Eks Gubernur NTT Frans Lebu Raya Meninggal Dunia, Bung Komar: Selamat Jalan Sahabatku

Senin, 20 Desember 2021 – 17:30 WIB
Komarudin Watubun. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komaruddin Watubun tidak bisa menahan tangisan ketika mendengar sahabat seperjuangan Frans Lebu Raya meninggal Dunia di Bali, Minggu (19/12).

Sebelum meninggal dunia, eks Gubernur NTT itu sempat dirawat intensif selama tiga minggu di Rumah Sakut Sanglah Bali karena sakit.

BACA JUGA: Jenazah Frans Lebu Raya Tiba di Kupang Disambut Isak Tangis Keluarga Besar Lamaholot

“Selamat jalan sahabatku. Semoga perjuangan kita tetap dilanjutkan oleh generasi penerus partai,” ujar Komarudin Watubun, Senin (20/12/2021)

Anggota Komisi II DPR itu menceritakan pengalaman bersamam almarhum Frans Lebu Raya. Sejak Kongres Luar Biasa (KLB) di Surabaya tahun 1993, saat itu Ketua DPD PDI NTT Anton Haba, perubahan nama PDI menjadi DPD PDI Perjuangan pada tahun 1999 yang dipimpin oleh Frans Lebu Raya.

BACA JUGA: Berita Duka, Eks Gubernur NTT Frans Lebu Raya Meninggal Dunia di Bali

“Semua teman-teman yang terlibat dalam sejarah perjuangan partai di masa-masa sulit pasti merasakan kehilangan Pak Frans," kata Komaruddin.

Menurut Bung Komar sapaan akrab Komaruddin, nama Frans Lebu Raya sudah tidak asing lagi di PDIP.

BACA JUGA: Lihat Nih, Gaya Jenderal Andika Saat Saksikan Material Tempur Korps Marinir TNI AL

Dia menyebut, eks Gubernur NTT itu kader partai yang tetap bertahan dalam tekanan pemerintahan otoriter Orde Baru karena  loyal pada Bung Karno dan Megawati.

“Keluarga besar PDIP sangat berdukacita sedalam-dalamnya. Beliau adalah senior sekaligus pejuang kami. Kami semua mendoakan semoga Pak Frans Lebu Raya dilancarkan jalannya dan mendapat tempat terbaik di Surga," kata Bung Komar.

Frans Lebu Raya merupakan Gubernur NTT periode 2008-2013 dan 2013-2018. Saat periode 2008-2013 pria kelahiran Pulau Adonara Kabupaten Flores Timur, NTT 18 Mei 1960 itu berpasangan dengan Eston Foenay sebagai Wakil Gubernur NTT.

Kemudian pada periode 2013-2018 Frans berpasangan dengan Benny Litelnoni.

Sebelum menjadi Gubernur, Frans menjabat sebagai Wakil Gubernur NTT pada periode 2003-2008. Frans juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD NTT karena dia adalah Ketua DPD PDI Perjuangan sejak tahun 1999 hingga 2019.

Saat menjadi gubernur NTT, Frans Lebu Raya banyak melakukan gebrakan yang prorakyat, dengan Spirit "Anggur Merah" (Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera) Frans Lebu Raya meningkatkan perekonomian NTT.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler