Ekstra Waspada

Minggu, 10 Juni 2012 – 09:27 WIB
Suporter Persegres. Foto: Dok.JPNN/JPphoto

GRESIK - Bermain di kandang adalah salah satu keuntungan. Namun dalam laga melawan pemuncak klasemen sementara Indonesia Super League (ISL) Sriwijaya FC  di Stadion Petrokimia, Persegres malah merasa mendapat tekanan tinggi. Pasalnya, Persegres akan menghadapi tim yang belum pernah kalah selama laga away, Sriwijaya FC.

Firman Utina dkk sudah memenangi 17 laga terakhirnya dalam musim ini. Rekor ini yang membuat Persegres ekstra waspada dan harus bekerja keras. Persegres tidak mau menjadi lumbung gol tim lawan. Skuad didikan Djoko Susilo ini bertekad tampil hati-hati, terutama untuk sektor pertahanan. "Lini belakang jadi perhatian khusus bagi kami. Pemain harus hati-hati dan tidak boleh memberi kebebasan kepada pemain lawan," ujarnya, kemarin (9/6).

Dia meminta, pemain belakang bisa tampil disiplin, rapat dan selalu menjaga konsentrasi sepanjang laga. Sriwijaya FC memiliki pemain dengan kualitas bagus dan agresif. Keith Kayamba dan Hilton Moirera merupakan striker berbahaya dan tajam."Semua sudah tahu kualitas mereka berdua (Kayamba dan Hilton). Pemain
tidak boleh memberikan ruang bebas," tandas Djoko.

Pelatih asal Malang tersebut mengingatkan agar pemain belakang timnya tidak mudah terpancing naik meninggalkan posisinya. Jika sampai terjadi, maka
sangat berbahaya karena Sriwijaya memiliki serangan yang bagus dan cepat.

"Saya minta pemain belakang seperti Ade Suhendra dan Lan Bastian tetap konsisten di areanya. Mereka tidak perlu maju ke depan hanya untuk membantu menyerang," harap Djoko.

Menurut Djoko, menghadapi Sriwijaya FC dibutuhkan ketenangan, konsentrasi dan kesabaran. "Target kami tentunya menang. Apalagi posisi Persegres masih berada di papan bawah dan membutuhkan banyak tambahan poin,"terang mantan pelatih Persela Lamongan ini.

Ya, posisi Persegres masih rawan dari ancaman degradasi. Uston Nawi dkk masih berada di peringkat ke ke-15 Untuk diketahui, Persegres" saat ini masih berkutat di papan bawah ISL urutan 15. Dari 27 pertandingan yang sudah dilakoni, Persegres mengumpulkan nilai 30 poin. Sedangkan lawannya, Sriwijaya FC merupakan
pemuncak klasemen dengan 60 poin.

Sementara itu, Sriwijaya FC bertandang ke Gresik dengan motivasi tinggi. Firman Utina dkk mengincar angka penuh saat tampil di Stadion Petrokimia untuk
memantapkan posisinya di puncak klasemen. "Kondisi tim cukup bagus, pemain memiliki motivasi tinggi untuk memenangi laga. Saya cukup optimistis menghadapi pertandingan ini," tutur Kashartadi, pelatih Sriwijaya FC.

Menghadapi Persegres, Sriwijaya FC sudah kembali bisa memainkan Feri Rotinsulu dan Ponaryo Astaman. Kedua pemain itu sudah sembuh dari cedera yang membuatnya absen pada beberapa laga. "Tapi kami tidak bisa memainkan Ahmad Jufriyanto dan Rifki Mokodompit. Namun, kami tidak terganggu dengan absennya pemain," terang Hartadi. (ovi/ko)

Perkiraan Pemain:
Persegres: Hery Prasetyo; Daniell Zeleni, La bastian, Ade Suhendra,Rizki Mirsama, , Mulham, Uston, Chena, Pronetto, Marwan, Gaston Castano.
Pelatih: Djoko Susilo

Sriwijaya FC: Fery Rotinsulu; Supardi, Jamie Coyne, Thierry Gauthessy, Mulyadi," Lim Jun, , Ponartyo, Firman Utina, M Ridwan, Hilton, Kayamba Gums.
Pelatih: Kashartadi
BACA ARTIKEL LAINNYA... Belanda Dalam Perangkap Grup Neraka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler