El Clasico Bikin KO

Tiga Kali dalam Dua Bulan

Kamis, 12 Juli 2012 – 23:38 WIB

MADRID - Real Madrid dan Barcelona sudah harus tancap gas saat memulai musim 2012-2013. Itu seiring dirilisnya jadwal Liga Primera kemarin. Real misalnya. Sang juara bertahan sudah harus bertemu Valencia dalam laga perdana di Santiago Bernabeu (19/8). Valencia finis ketiga musim lalu.
 
Empat hari setelah menghadapi Valencia, Real harus harus melawat ke Nou Camp untuk menantang Barca " sebutan Barcelona " di leg pertama Piala Super Spanyol. Sedangkan leg kedua di Bernabeu dimainkan sepekan kemudian (30/8) atau empat hari setelah Los Merengues " sebutan Real " melakoni derby liga di kandang Getafe.
 
Yang menarik, Real versus Barca di Liga Primera berlangsung lebih dini. Duel bertajuk el clasico itu terjadi di jornada ketujuh (3/10). Bandingkan dengan musim lalu yang baru terjadi di jornada ke-16 atau di jornada ke-13 dua musim sebelumnya (2010-2011).
 
Tidak heran apabila kubu Real maupun Barca meradang seiring harus menjalani tiga kali el clasico hanya dalam rentang dua bulan di awal musim. "Ini tidak logis. Kami sulit memahami keputusan federasi (Federasi Sepak Bola Spanyol atau RFEF, Red) dan otoritas liga (LFP, Red)," kata juru bicara Barca Toni Freixa kepada Marca.
 
Freixa mempertanyakan misi RFEF dan LFP yang berusaha memberi jadwal Liga Primera lebih longgar, khususnya dengan meniadakan pertandingan tengah pekan (midweek). Itulah sebabnya durasi Liga Primera musim ini baru berakhir 1 Juni 2013 atau paling lama dibandingkan liga elite Eropa lainnya.
 
Barca memang hanya menjamu Real Sociedad di awal kompetisi (19/8). Tapi, Carles Puyol cs juga sudah harus menghadapi Valencia di jornada ketiga (2/9). Belum lagi tampil di Liga Champions yang fase grup-nya sudah digeber pada 18 September nanti.
 
Apalagi banyak pemain Barca yang tampil membela negara pertengahan tahun ini. Tujuh penggawa tergabung di skuad Spanyol kala memenangi Euro 2012, sedangkan tiga lainnya memperkuat Spanyol U-23 di ajang Olimpiade 2012 London. "Ada kekhawatiran skuad kami terkendala kebugaran karena menjalani agenda pertandingan yang padat dan berat," jelas Freixa.
 
Direktur Real Emiliano Butragueno juga mempersoalkan lawan-lawan yang harus dihadapi klubnya di awal musim. "Valencia adalah tim hebat dan berhadapan dengan mereka di pekan pertama mungkin terlalu cepat. Apalagi sampai harus menjalani tiga kali el clasico hanya dalam dua bulan," tuturnya kepada AS.
 
"Ingat, kami pun baru pulang dari AS (tur pramusim, Red) pada pertengahan Agustus. Jadi, situasinya akan sulit bagi kami," imbuhnya.
 
Seperti Barca, pilar Real yang membela negara pertengahan tahun ini juga lumayan banyak alias 11 pemain. Sepuluh di antaranya ambil bagian dalam Euro 2012 dengan rincian lima pemain di skuad Spanyol, tiga pemain bersama Portugal, dan dua lainnya memperkuat Jerman. Sedangkan satu pemain lainnya, bek kiri Marcelo, akan membela Brazil di Olimpiade. (dns)

El Clasico Musim Ini*
Piala Super Spanyol
23/8/12    Barca v Real (Nou Camp)
30/8/12    Real v Barca (Santiago Bernabeu)

Liga Primera
7/10/12    Barca v Real (Nou Camp)
3/3/13    Real v Barca (Santiago Bernabeu)
Keterangan : Ada kemungkinan el clasico juga terjadi di Liga Champions dan Copa del Rey
BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Keteteran, Ketinggalan 2 Gol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler