Elang Super Bergerilya Pelatih

Senin, 08 Februari 2010 – 06:29 WIB
Guus Hiddink. (foto: AFP/File/Hrjove Polan)

LAGOS - Kursi pelatih timnas Nigeria sedang lowong sejak NFF (asosiasi sepak bola Nigeria) memecat Shuaibu Amodu (5/2)Padahal, 122 hari lagi Nigeria bakal berkompetisi di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

BACA JUGA: FIFA Tugaskan Hansson, Media Irlandia Mengecam

Karena itu, NFF getol berburu pelatih.

Terdapat lima nama pelatih yang masuk dalam daftar bidikan Nigeria
Mereka adalah pelatih asal Prancis Bruno Metsu, Peter Taylor (Inggris), dan Ratomir Dujkovic (Serbia)

BACA JUGA: Loew Terancam Ditendang DFB

Dua nama lainnya adalah Louis van Gaal serta Guus Hiddink.

Hanya saja, Van Gaal dan Hiddink bukan dibidik untuk melatih Elang Super (julukan Nigeria)
Dua pelatih asal Belanda tersebut disiapkan sebagai direktur teknik dari timnas

BACA JUGA: Pekerja Temukan Bom Sisa PD II di Pondasi Stadion

Sebab, Van Gaal masih menjadi pelatih Bayern Munchen dan Hiddink pelatih Rusia.

Sejatinya ada pelatih lain yang juga diincar NFFDia adalah Hassan ShehataPelatih yang membawa Mesir juara Piala Afrika tiga edisi beruntun tersebut ditawari menjadi pelatih di timnas Nigeria pada Piala Dunia 2010, tapi dia digandoli EFA (asosiasi sepak bola Mesir).

Dari sekian nama yang paling realistis digaet NFF adalah Taylor dan DujkovicTaylor yang pernah berstatus karteker pelatih timnas Inggris pada 2000 lalu dinilai sebagai sosok yang pantas menakhodai Nigeria pada Piala Dunia 2010.

Selain itu pengalaman Taylor sebagai pelatih timnas Inggris U-21 juga menjadi referensi pentingSekalipun setelah itu dia hanya melatih beberapa klub kecil di Inggris seperti Crystal Palace, Stevenage Borough, dan Wycombe Wanderers.

Namun, Taylor juga dikabarkan merapat ke Notts County yang tidak memiliki pelatih saat ini"Saya akui saya tertarik dan semuanya mungkin saja terjadiSaya bohong jika bilang tidak berminat," bilang Taylor, seperti dilansir Guardian.

Pesaing terberat Taylor sebagai kandidat pelatih Nigeria adalah DujkovicSebab, dia memiliki pengalaman melatih beberapa tim di Afrika seperti dua tahun melatih GhanaSaat ini, dia masih berstatus sebagai pelatih timnas Serbia U-21.

Siapapun yang menjadi pelatih memiliki tugas berat pada Piala Dunia 2010 mendatangElang Super tergabung dalam grup B bersama Argentina, Yunani, dan Korea SelatanMereka tidak ingin hanya numpang lewat di Piala Dunia yang kali pertama digelar di benua Afrika itu(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari Ini, FIFA Tentukan Wasit PD 2010


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler