Elektabilitas Erick Thohir di Jatim Mengungguli Cak Imin dan AHY

Senin, 17 April 2023 – 22:29 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto dok BUMN

jpnn.com, JAWA TIMUR - Elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon presiden (capres) melesat mengungguli nama-nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Hasil ini berdasarkan temuan lembaga survei Indopol di Jawa Timur (Jatim).

BACA JUGA: Buka Lapangan Kerja, Erick Thohir Bidik Kerja Sama Luar Negeri di Hannover Messe 2023

Dari 13 nama yang disimulasikan, Erick Thohir berada di posisi lima dengan raihan elektabilitas 3.4 persen, sementara AHY dan Cak Imin masing-masing hanya mampu meraih elektabilitas sejumlah 1.0 persen.

"Elektabilitas Erick Thohir menduduki peringkat 5 besar di antara 13 tokoh capres dan cawapres di Jawa Timur," tulis Indopol.

BACA JUGA: Sambut Lebaran, Intip Dapur dan Ruang Keluarga Bergaya Japandi Ala Dekoruma

Selain survei individu, Indopol juga menyajikan data pasangan capres-cawapres yang paling diinginkan masyarakat Jatim.

Dari dua simulasi yang disajikan, pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menjadi tokoh dengan raihan elektabilitas tertinggi.

BACA JUGA: Disandingkan dengan Siapa pun di Pilpres, Erick Thohir Bakal Bawa Dampak Positif

Simulasi pertama, Ganjar-Erick Thohir unggul dengan capaian elektabilitas sebesar 39.2%. Kemudian disusul Prabowo-Cak Imin di angka 18.8% dan Anies-Sandi 14.5%.

Sedangkan ada sebanyak 27.4% responden yang tidak menjawab.

Simulasi kedua, duet Ganjar-Erick Thohir kembali unggul dengan raihan elektabilitas 38.0%. Di posisi kedua ada Prabowo-Khofifah 21.0% dan Anies-Sandi 14.0%.

"Pasangan Capres 2024, Ganjar-Erick Thohir tetap menjadi pasangan favorit masyarakat Jawa Timur dari beberapa simulasi yang dilakukan," tulis Indopol.

Survei Indopol dilakukan pada periode 16-24 Maret 2023. Proses pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka kepada masyarakat yang telah berumur 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki hak pilih berdasarkan DPR KPU RI 2022.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler