Elektabilitas Erick Thohir Tertinggi di Sejumlah Lembaga Survei

Senin, 08 Mei 2023 – 18:53 WIB
Ilustrasi - Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) terus menanjak mendekati Pilpres 2024.

Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, elektabilitas Erick Thohir menjadi yang tertinggi berdasarkan temuan sejumlah lembaga survei nasional.

BACA JUGA: Waketum PAN: Erick Thohir Sosok yang Dibutuhkan Indonesia

Sedikitnya ada empat lembaga survei kredibel yang menunjukkan tren peningkatan elektabilitas Erick Thohir kian moncer selama periode Maret, April hingga Mei 2023.

Survei Indo Barometer pada Maret 2023 merilis temuan survei nasional. Nama Erick Thohir menjadi kandidat cawapres dengan elektabilitas terbaik mencapai 22.9%.

BACA JUGA: Berita Duka: Dirut Jamkrindo Meninggal Dunia

Di bawah Erick Thohir ada Khofifah Indar Parawansa dengan raihan elektabilitas 15.8%. Disusul Cak Imim 6.7% dan Puan Maharani 6.3%.

Pada bulan yang sama, survei Indikator Politik Indonesia juga mengungkapkan bahwa Erick Thohir dan Khofifah bersaing di peringkat pertama dengan elektabilitas mencapai 12.9%.

BACA JUGA: Polling ILC: Erick Thohir Dipilih untuk Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Kemudian disusul oleh Andika Perkasa 3.3%, Puan Maharani 2.8% dan Tri Rismaharani 2.0%.

Lembaga Survei Poltracking Indonesia pada April 2023 juga menemukan bahwa Erick Thihir menjadi cawapres yang paling diinginkan publik.

Eks Presiden Inter Milan itu digdaya dengan raihan elektabilitas mencapai 17.7%.

Kemudian ada Sandiaga Uno dengan elektabilitas 15.3%. Dikuti Ridwan Kamil 13.5%.

Sementara nama-nama lain seperti Mahfud MD dan Agus Harimurti Yudhoyono terpaut jauh dengan raihan elektabilitas di bawah 10%.

Terakhir, survei yang paling terbaru dirilis oleh Indometrik pada Mei 2023. Erick Thohir barada di peringkat pertama dengan elektabilitas di angka 16.5%.

Erick Thohir berhasil mengungguli nama-nama seperti Sandiaga Uno yang hanya mampu mengumpulkan elektabilitas senilai 15.9%. Diikuti Ridwan Kamil 15.8% dan AHY 12.87%.

Tingginya elektabilitas Erick Thohir membuat namanya paling potensial untuk diusung sebagai cawapres di Pemilu 2024.(chi/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler