Elektabilitas Jokowi di Sulawesi Selatan Anjlok Signifikan

Senin, 12 Maret 2018 – 02:32 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2017 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sinergi Data Indonesia (SDI) menggelar jajak pendapat tentang elektabilitas calon presiden di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Joko Widodo masih mendominasi hasil survei meski elektabilitasnya anjlok jauh.

Direktur Eksekutif SDI Barkah Pattimahu mengungkapkan, berdasar survei terhadap 1.000 responden di 24 kabupaten/kota di Sulsel pada 14-20 Februari 2018, elektabilitas Jokowi -panggilan Joko Widodo- dan Prabowo Subianto masih dominan. Dua tokoh yang bertarung di Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 itu masih memiliki elektabilitas menonjol di wilayah Sulsel.

BACA JUGA: Galang Tanda Tangan Dukung Zainul Majdi jadi Capres

Di Sulsel, elektabilitas Jokowi di angka 53,8 persen yang diikuti Prabowo dengan 20,1 persen. “Sementara calon lain yang ikut meramaikan bursa masih di bawah tiga persen,” ujar Barkah dalam jumpa pers hasil survei SDI di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (11/3).

Namun, elektabilitas Jokowi saat ini di Sulsel jauh di bawah perolehan suaranya saat Pilpres 2014. Pada Pilpres 2014, raihan suara Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla mencapai 71,41 persen.

BACA JUGA: Dorong Din Syamsuddin jadi Cawapres Pendamping Prabowo

Hanya saja, merosotnya elektabilitas Jokowi tak serta-merta membuat tingkat keterpilihan Prabowo melonjak. Sebab, elektabilitas Prabowo di Sulsel juga turun.

“Dukungan Prabowo Subianto juga masih di bawah raihan suara di Pilpres 2014 yang mencapai 28,59 persen,” sebutnya.

BACA JUGA: Yakinlah, PKB Bakal Tetap Setia Bersama Jokowi

Survei SDI menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error dalam survei itu di angka 3,16 persen pada tingkat kepercayaan 95%.(jpg/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Insyallah, Demokrat S14P Bersama Jokowi di Pilpres 2019


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler