Elen Setiadi Resmi Jabat Pj Gubernur Sumsel Gantikan Agus Fatoni, Ini Harapan Mendagri

Selasa, 25 Juni 2024 – 13:34 WIB
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian saat menyematkan tanda jabatan kepada Elen Setiadi yang resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Sumsel menggantikan Agus Fatoni dalam acara pelantikan yang berlangsung di Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Gedung C Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (24/6). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) kini resmi dijabat Elen Setiadi menggantikan Agus Fatoni.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik Elen Setiadi menjadi Pj Gubernur Sumsel bersama pelantikan Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menggantikan Mayjen TNI (Purn) Hassanudin.

BACA JUGA: Deputi Kemenko Perekonomian Elen Setiadi jadi Pj Gubernur Sumsel, Ini Pesan Menko Airlangga

Pada acara yang berlangsung di Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Gedung C Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (24/6) itu juga dilantik Mayjen TNI (Purn) Hassanudin sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan penunjukan Elen Setiadi tidak lain karena Sumsel merupakan daerah lumbung pangan karena itu dia pilihlah orang yang tepat yakni dari Kemenko Perekonomian.

BACA JUGA: Elen Setiadi akan Dilantik jadi Pj Gubernur Sumsel Gantikan Agus Fatoni Sore Ini

Mantan Kapolri itu berharap ada percepatan pembangunan di bidang perekonomian di Sumsel di bawah kepemimpinan Elen Setiadi.

"Dipilihlah Elen Setiadi dari Kemenko Perekonomian, karena beliau pengalaman dan pengetahuan ekonominya kuat sekali. Otomatis kita harap ada percepat pembangunan di Sumsel, lumbung pangan juga di sana, sekaligus memberikan kesempatan kepada beliau," ujar Mendagri Tito dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (25/6).

BACA JUGA: Pastikan Pilkada 2024 Akan Berjalan dengan Aman, Polda Sumsel Mulai Lakukan Ini

Mendagri Tito menilai sosok Elen Setiadi sangat tepat memimpin Sumsel mengingat banyak pengalaman yang dimilikinya.

"Beliau tentunya lebih pas lagi karena sudah pengalamanan," tegasnya.

Harapan yang sama disampaikan Mendagri Tito untuk kepada Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, dan Pj Gubernur NTB Mayjen TNI (Purn) Hassanudin.

Khususnya Provinsi Sumut pada September 2024 mendatang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) yang harus disiapkan secara matang.

"Pastinya kami dorong Pak Agus Fatoni yang mana beliau Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri yang sudah dua kali menjabat menjadi Pjs Gubernur di Sulawesi Utara dan Pj Gubernur Sumsel sehingga kemampuan lapangan juga paham dan administrasi keuangan, jadi dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan keuangan untuk persiapan PON," harap Mendagri Tito.

Dalam pelantikan sejumlah penjabat gubernur tersebut, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pejabat di lingkungan Kemendagri, para bupati/wali kota, Forkopimda, dan kepala organisasi perangkat daerah di lingkup Pemprov Sumsel. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler