Empat Barista Indonesia Sabet Prestasi Luar Biasa pada Kompetisi Kopi Internasional di Milan

Kamis, 30 Juni 2022 – 19:44 WIB
Empat wakil Indonesia yang berlaga dalam kompetisi WCC 2022 di Milan, Italia. Foto: Instagram @aksi_scai

jpnn.com, MILAN - Pada ajang World Coffee Championships (WCC), Indonesia menerjunkan empat penggawa terbaik dari Indonesia Coffee Event (ICE) 2021-2022.

Alhasil, keempatnya berhasil mencetak prestasi yang luar biasa pada kompetisi kopi berskala internasional itu.

BACA JUGA: Ini Daftar Pemenang Kompetisi Barista di Festival Kopi Tanah Air 2022

Perhelatan yang diadakan pada 23-25 Juni 2022 di Milan, Italia, ini mempertandingkan lima kategori yang diikuti peserta dari berbagai negara. 

Mulai Amerika, Australia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Thailand, Italia, Kanada, Malaysia, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Bamsoet Buka Kompetisi Sepak Bola Garuda International Cup II di Sentul

Lima kompetisi itu adalah World Latte Art Championship, World Coffee in Good Spirits Championship, World Cup Tasters Championship, World Coffee Roasting Championship, dan Cezve/Ibrik Championship.

Perwakilan terbaik Indonesia turun hampir di seluruh kategori kecuali Cezve/Ibrik Championship. Mereka adalah Restu Sadam Hasan bertanding di World Latte Art Championship.

BACA JUGA: Ajang Bezzera Latte Art Competition 2022 Dibuka, Barista Merapat

Shayla Philipa untuk World Coffee in Good Spirits Championship dan Wisnu Aji untuk World Coffee Roasting Championship. Sementara itu, Lonika Tay bertanding di kategori World Cup Tasters Championship.

Keempatnya merupakan para pemenang dari empat kategori yang dipertandingkan pada ICE 2021-2022 lalu yang digelar oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Persiapan mereka terbukti membuahkan hasil karena hampir seluruh wakil yang diberangkatkan sukses menorehkan hasil memuaskan.

Indonesia berhasil meraih juara ketiga pada dua dari empat kategori yang diikuti. Yakni, World Coffee in Good Spirits Championship dan World Coffee Roasting Championship.

Sementara itu, di kategori World Cup Tasters Championship dan World Latte Art Championship, masing-masing berhasil mencapai babak semifinal dan babak eliminasi awal.

Lonika pada babak semifinal World Cup Tasters Championship mampu menebak empat di antara delapan gelas dengan benar. Hasil terbaiknya adalah posisi kedelapan.

Wisnu Aji berhasil menyabet piala juara tiga World Coffee Roasting Championship setelah sukses mengungguli kompetitor dari Yunani.

Shayla Philipa sukses meraih status juara ketiga pada World Coffee in Good Spirits Championship 2022 dengan mengalahkan pesaing dari Kanada, Australia, dan Yunani.

Andrew Tandra selaku Chef de Mission untuk tim Indonesia di World Coffee Championships 2022 merasa bangga atas perwakilan Indonesia dalam ajang ini. Menurut dia, mereka berhasil berprestasi di kancah internasional.  

"Kalau dibilang roasting luar negeri pasti lebih enak, itu sudah enggak valid lagi. Tahun ini, kami berhasil membuktikan. Wakil kami untuk pertama kali ikut World Coffee in Good Spirits dan World Coffee Roasting Championship bisa langsung juara ketiga," ungkapnya.

Ketua Umum Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Daryanto Witarsa mengucapkan selamat dan apresiasi kepada semua wakil Indonesia dalam ajang tersebut.

“Ini capaian prestasi luar biasa yang dipersembahkan untuk Indonesia. Raihan kami sebelumnya itu kalau di barista ada Mikael Jasin. Dia pernah sampai juara empat. Kalau kategori lain itu, ada brewers.Wwaktu itu, Hiro Lesmana pernah sampai peringkat ke-11,” tuturnya.

Menurut dia, Indonesia sekarang menjelma menjadi kuda hitam penantang berat untuk juara tahun-tahun berikutnya.

Dengan raihan ini, lanjut Daryanto, SCAI makin terpacu untuk membuat kompetisi yang makin baik di tanah air. 

"Tentu saja tujuannya agar para barista Indonesia bisa lebih bersaing dengan negara lain di ajang WCC," imbuh Daryanto. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler