Empat Cara Mengendalikan Covid-19 Versi Rizal Ramli, Nomor Pertama Tentang Lockdown

Jumat, 09 Juli 2021 – 16:02 WIB
Rizal Ramli. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Begawan ekonomi Rizal Ramli menyebut ada empat cara menekan laju penularan Covid-19 yang terjadi belakangan ini. Satu di antaranya pemerintah mengambil langkah yang lebih tegas seperti lockdown selama sebulan. 

Namun, kata dia, pemerintah wajib menjamin pasokan makanan dan obat-obatan bagi rakyat kecil selama masa pemberlakuan lockdown.

BACA JUGA: Rizal Ramli: Pemerintah Dablek, Pinjam Duit Bunganya 2 Kali Lipat, Rakyat Diuber-uber Pajak

“Itu yang terjadi di negara-negara lain yang berhasil mengendalikan Covid-19,” tutur Rizal  dalam keterangan persnya, Jumat (9/7).

Selain itu, kata eks Menko Ekuin itu, pemerintah perlu meningkatkan vaksinasi sebanyak tiga kali dari yang saat ini telah dilakukan demi menekan penularan Covid-19.

BACA JUGA: Kenangan Rizal Ramli tentang Sosok Rachmawati Soekarnoputri

Selanjutnya, kata Rizal, pemerintah bisa mengalihfungsikan gedung DPR dan DPRD sebagai tempat perawatan warga yang terinfeksi Covid-19.

Sebab, dirinya menerima informasi bahwa banyak ruang perawatan di semua rumah sakit dipenuhi pasien.

BACA JUGA: Rizal Ramli Sebut Utang Sudah Menumpuk, Amannya di Mana, Bu Menkeu?

“Kalau anggota dewan ingin rapat,kan bisa menggunakan aplikasi teleconfrence, seperti Zoom atau Google Meet,” tutur alumnus Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat itu.

Terakhir, kata Rizal, perlu adanya kepemimpinan yang tegas dan terarah menjadi salah satu faktor penting dalam perang melawan Covid-19.

Rizal kemudian membandingkan situasi Amerika Serikat di era Donald Trump dan di era Joe Biden saat ini.

“Biden berkuasa, dalam waktu lima bulan AS bisa menang melawan Covid-19. Kualitas pemimpin memang menentukan,” beber Rizal. (ast/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler