Empat Kompensasi Pemerintah Bila BBM Naik

Selasa, 06 Maret 2012 – 19:52 WIB

JAKARTA–Pemerintah mengklaim sudah menyiapkan empat kompensasi kepada masyarakat jika harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan. Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, mengatakan, pertama kompensasinya adalah Bantuan Lansung Sementara (BLS) masyarakat. Kedua, bantuan pendidikan.

“Jadi, beasiswa ditambah, jumlah orangnya ditambah dan uangnya tambah,” katanya, kepada wartawan, Selasa (6/3) di Jakarta.

Kompensai ketiga, dijelaskan Jero, adalah pemberian Beras Miskin (raskin) yang jumlahnyan ditambah. Keempat, lanjut dia, di bidang transportasi yang nantinya akan ditangani oleh Menteri Perhubungan.

“Jadi, ini semua prosesnya sudah dipersiapkan semua,” kata bekas Menteri Pariwisata, itu.

Ia mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengingatkan kepada jajarannya, pada awalnya saat diumumkan kenaikan dan pemerintah mengalami kesulitan keuangan, jangan sampai rakyat yang ‘dikorbankan’. 

“Maka jangan hanya rakyat yang disuruh kempes, pemerintah juga harus kempes, makannya APBN kami dipotong semua. Maka program-program yang bisa ditunda, maka kita tunda semua,” tambahnya.  Sehingga lanjut Jero, “Kompensasi kepada rakyat menengah ke bawah cukup baik.” 

Ditanya soal gejolak penyelundupan yang sudah banyak di tengah isu kenaikan BBM ini, Jero mengatakan, pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukkam) sudah memerintahkan agar penanganan penyelundupan dan penimbunan harus di perketat lagi.

“Yang ketahuan ditangkap saja. Jadi, bagi masyarakat yang punya bisinis, janganlah berbisnis di atas kesulitan negara. Mentang-mentang negara mau menaikkan BBM, sengaja menimbun di tempat yang tidak ketahuan. Itu tidak baik,” pungkas politisi Partai Demokrat, itu. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... BBM Diusulkan Naik April, TDL Mei


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler