Empat Maskapai Siap Angkut Calon Penumpang Batavia

Sabtu, 02 Februari 2013 – 05:20 WIB
JAKARTA - Maskapai penerbangan Sriwijaya Air, Lion Air,  Mandala Air, dan Express Air siap untuk mengangkut calon penumpang Batavia.

Hanya saja, calon penumpang yang sudah mengantongi tiket Batavia Air itu tetap harus membeli tiket Sriwijaya, Lion, atau Ekpress, meski dengan tarif promosi alias murah. Khusus untuk Mandala, tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk beli tiket.

"Tapi tidak gratis. Mereka itu siap memberikan tarif tiket promosi. Tidak mungkin gratis," ujar Juru Bicara Kemenhub, Bambang  S Ervan kepada JPNN di Jakarta, kemarin (1/2).

Mengenai berapa persen diskon dari harga normal tiket Lion, Sriwijaya, dan Ekpress, Ervan mengatakan, sepenuhnya diserahkan ke pihak maskapai.

Yang jelas, lanjutnya, manajemen maskapai itu sudah diajak bicara oleh Kemenhub. "Kami mengimbau, yang penting tidak rugi banget. Kalau rugi pasti lah, tapi jangan rugi banget. Mereka siap memberikan harga khusus. Ini kan sifatnya membantu," urainya.

Dengan demikian, tidak otomatis pemegang tiket Batavia, bisa langsung diangkut Sriwijaya, Lion, atau Ekpress secara gratisan. Pasalnya, tidak mungkin ketiga maskapai itu nantinya mendapat ganti uang tiket dari Batavia.

"Karena Batavia sudah pailit, sekarang urusan di tangan kurator," ujar Bambang. Disebutkan, Sriwijaya Air juga membuka counter terminal 1 C Bandara Soekarno–Hatta dengan menggunakan laptop.

Yang diangkut Express Air untuk rute Yogyakarta- Pontianak, Pontianak – Batam, Jakarta-Tanjungkarang, dan Batam- Tanjungkarang masing–masing satu kali sehari.

Mandala Air juga siap. Dikatakan Bambang, mulai 1 Februari 2013 Mandala Air melayani empat rute penerbangan yang dilayani Batavia Air yaitu Jakarta – Pekanbaru (2 kali sehari), Jakarta-Padang (1 kali sehari), Jakarta-Surabaya (1 kali sehari), Jakarta- Singapura (2 kali sehari) dengan A-320 dengan kapasitas 180 seat.

"Pihak Mandala Air hanya akan memproses booking ulang hingga tanggal 28 Februari 2013. Adapun Penerbangan disediakan dalam periode 3 bulan sejak 1 Februari hingga 30 April 2013," ujar Bambang.

Nah, khusus yang diangkut Mandala ini, calon penumpang Batavia tidak perlu lagi mengeluarkan uang tiket. Tiket Batavia yang sudah dipegang, bisa menjadi pengganti tiket Mandala. "Karena Mandala yang nantinya akan melayani rute-rute yang ditinggalkan Batavia. Jadi nanti ada insentif dari pemerintah," imbuhnya. (sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Proyek Bandara Ngurah Rai Harus Selesai Juni

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler