Empat Perusahaan BUMN Ekspansi ke Papua Nugini

Selasa, 18 Juni 2013 – 18:20 WIB
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, ada empat perusahaan plat merah yang akan melakukan kerjasama dengan pemerintah Papua Nugini.

Keempat perusahaan BUMN itu adalah PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN/Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Bekas dirut PLN ini menjelaskan, erjasama itu nantinya tidak hanya membahas segi bisnis saja, tetapi juga dalam rangka menjalin hubungan baik dengan negara tetangga.

"Nanti tidak hanya bicara soal ekonomi saja, tapi Pasific Selatan. Bagaimana mempererat hubungan, karena Papua Nugini posisinya dekat perbatasan. Ini peluang baik," ucap Dahlan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (18/6).

Lebih lanjut Dahlan juga menjabarkan kerjasama yang nantinya akan dilakukan keempat perusahaan plat merah itu.

"Garuda Indonesia akan menjajaki bisnis penerbangan, PT PLN bakal menyalurkan listrik di Papua. Kemudian PT Pertamina berekspansi di sektor Petrochemical. Kalau PT Telkom masih mencari-cari bisnis apa yang cocok untuk dikembangkan di sana," papar Dahlan.

Selain empat BUMN itu, kata Dahlan, ada beberapa perusahaan plat merah lainnya yang juga akan melakukan ekspansi ke sana, seperti PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Aneka Tambang (Antam).

"Antam dan PGN masih cari peluang. Ini bicara soal memperkuat hubungan antar dua negara," beber pria yang pernah melakukan operasi cuci otak itu.

Sejauh ini, dikatakan Dahlan bahwa kerjasama dengan Papua masih terus dibahas. "Ini belum kongkrit, kita sudah kirim delegasi ke sana. Ini belum detail, karena baru pertemuan dengan Perdana Menteri Papua Nugini tadi," tutupnya, sembari mengatakan bahwa dirinya optimis kerjasama ini akan berbuah manis. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanggal Kenaikan Harga BBM di Tangan SBY

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler