Epson Indonesia Rilis 30 Model Proyektor Terbaru

Kamis, 26 November 2020 – 18:51 WIB
Managing Director Epson Indonesia, Ishii Hidemasa saat peluncuran model proyektor terbaru sebagai solusi produktif yang ek=fektif dan efisien untuk masyarakat Indonesia. Foto: Humas Epson Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Epson Indonesia kembali meluncurkan model proyektor terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesiadi situasi pandemi. Seluruh varian model terbaru proyektor Epson dihadirkan untuk menjadi sebuah solusi produktif di kondisi pembelajaran jarak jauh, bekerja dari rumah, dan juga menikmati hiburan di rumah.

Hari ini, Epson Indonesia resmi menghadirkan 30 model proyektor terbaru yang dibagi menjadi tiga segmen yaitu pendidikan, bisnis, dan hiburan.

BACA JUGA: Epson Memperkuat Jajaran Printer LabelWorks dengan Label Seri Z5000 untuk Industri Multiguna

Segmentasi ini dibuat agar memudahkan pelanggan untuk memilih proyektor yang tepat, sesuai kebutuhan, harga yang sesuai dan pastinya bisa menjadi solusi produktif penunjang aktivitas baik di sekolah atau kuliah, kantor, dan juga hiburan di rumah.

Seluruh varian model proyektor baru Epson menggabungkan resolusi XGA, WXGA atau Full HD, yang makin memperkuat posisi Epson sebagai pemimpin di pasar proyektor dengan menetapkan standar industri baru untuk presentasi gambar yang berkualitas baik untuk edukasi, bisnis, dan juga hiburan.

BACA JUGA: Ciptakan PJJ yang Interaktif dan Menyenangkan Bagi Siswa dengan Proyektor Epson Interaktif EB-1485Fi

Seluruh jajaran proyektor Epson, dilengkapi dengan teknologi 3LCD yang mampu menghasilkan kualitas warna proyeksi yang lebih cerah, tajam dan natural, tidak menimbulkan efek pelangi, serta mampu menghemat konsumsi listrik pada saat penggunaannya. Hal ini membuat teknologi 3LCD jauh lebih unggul dibandingkan teknologi 1-Chip.

Epson selalu berusaha menciptakan produk-produk terbaru yang dapat menjadi penghubung dan solusi bagi manusia untuk setiap aktivitas, sehingga dapat dikerjakan secara efektif, efisien dan tepat sasaran. Sampai saat ini, proyektor Epson masih tetap menjadi No. 1 di pasar Indonesia dan juga dunia.

“Hal ini menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi dengan terus memberikan produk proyektor terbaik yang akan selalu menjadi pilihan utama pengguna disegala kegiatan. Kami juga selalu ingin memastikan bahwa produk-produk Epsonhadir dengan penggunaan hemat energi dan juga ramah lingkungan, harapan saya dengan hadirnya 30 model proyektor terbaru ini bisa menjadi solusi yang dapat memudahkan kegiatan belajar-mengajar, bisnis perkantoran dan juga hiburan di rumah untuk masyarakat Indonesia,” ucap Ishii Hidemasa, Managing Director Epson Indonesia.

Segmen Pendidikan

Diluncurkan bersamaan dengan Hari Guru Nasional, 25 November 2020, Epson Indonesia menghadirkan model terbaru proyektor yang dirancang khusus untuk segmen pendidikan di Indonesia yaitu: EB-E500 dan EB-X500. Kedua proyektor ini adalah generasi kelima proyektor Epson yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan penggunan proyektor oleh guru-guru dan tenaga pendidik di sekolah.

Dilengkapi dengan menu Bahasa Indonesia, serta fitur pengaturan gambar secara otomatis pada sisi vertikal dan dengan tuas geser pada sisi horizontal yang membuat proyektor ini sangat ramah bagi para guru dan tenaga pendidik.

Dengan koneksi tambahan nirkabel (ELPAP11) pada EB-X500 memungkinkan guru melakukan presentasi materi ajar dengan menggunakan koneksi nirkabel baik dari laptop maupun dari ponsel cerdas.

Selanjutnya karena memahami bahwapenggunaan proyektor di sekolah sangat intensif dan lebih lama dibanding segmen lainya, maka Epson Indonesia memberikan garansi yang lebih panjang untuk kedua model ini, yaitu 3 tahun untuk unit proyektor dan2 tahun atau 1000 jam (atau mana yang terlebih dahulu tercapai) untuk lampu proyektor.

Keseluruhan hal ini membuat EB-E500 dan EB-X500 adalah pilihan yang tepat untuk institusi pendidikan di Indonesia. Jajaran proyektor edukasi dan entry level memiliki tingkat kecerahan dari 3300 lumens hingga 4000 lumens, dengan rentang resolusi gambar adalah XGA, WXGA dan FullHD.

Dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Auto Vertical Keystone dan Horizontal Keystone Slider, AV Mute Slide Shutter serta konektifitas yang cukup lengkap mulai dari VGA Input, HDMI, USB hingga tambahan Dongle Nirkabel ELPAP11membuat jajaran proyektor ini sangat kaya fitur dan memberikan pengalaman presentasi yang mudah dan menyenangkan bagi penggunanya.

Khusus untuk model EB-FH52, proyektor ini sudah dilengkapi dengan koneksi nirkabel dan Miracastyang memungkinkan pengguna untuk presentasi secara nirkabel tanpa membutukan software tambahan.

Inovasi menarik lainnya untuk segmen pendidikan, Epson juga menghadirkan sebuah proyektor interaktif EB-725Wi, dengan jarak tembak yang sangat dekat, mampu menghasilkan gambar proyeksi yang sangat besar hingga 100”.

Dilengkapi dengan teknologi 3LCDdan sumber cahaya laser, membuat proyektor ini menjadi sangat sesuai untuk penggunaan yang lama seperti pada ruangan kelas, karena usia sumber cahaya laser dapat mencapai hingga 20000 jam, sehingga tidak membutuhkan perawatan atau penggantian lampu.

Proyektor ini memiliki fitur interaktif dengan menggunakan pena khusus dan dapat menambahkan opsi Finger Touch Unit, untuk mendapatkan fitur interaktif dengan sentuhan jari (Finger Touch Interactive).

Dengan keseluruhan fitur ini, guru dapat menciptakan suasana belajar yang interaktif, dua arah, dan juga kolaboratif serta sekaligus dapat meningkatkan tingkat partisipasi anak didik pada saat proses pembelajaran.

Pada masa pandemisaat ini, guru-guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ), dimana konsentrasi siswa sulit dipusatkan. Dengan memanfaatkan proyektor interaktif EB-725Wi, guru dapat mengajar di depan kelas dengan menampilkan materi pelajaran pada proyektor serta sekaligus melakukan anotasi dan memberikan penjelasan di papan tulis digital yang dihasilkan oleh proyektor.

Pada saat siswa dan guru terkoneksi dengan menggunakan aplikasi konferensi video, maka siswadapatmelihat secara langsung materi yang disampaikan oleh guru, sekaligus penjelasan guru di depan kelas, akan terlihat secara langsung di layar laptop atau ponsel siswa. Hal ini menciptakan proses pembelajaran jarak jauh sama seperti pada ruangan kelaspadakondisi normal.

Siswa juga dapat memberikan respon terhadap penjelasan guru dengan memberikan anotasi pada layar laptopatau ponsel siswa, dan guru akan menangkapnya di layar proyektor. Proyektor ini sangat istimewa karena mampu mengubah papan tulis biasaatau tembok yang ada di ruangan kelas menjadi papan tulis digital hingga 20 halaman.

Selanjutnya setiap materi ajar akan dapat dikirimkan kepada siswa dan orang tua melalui email, atau dapat disimpan ke memori USB atau juga langsung dicetak ke printer Epson tanpa membutuhkan komputer.

Kedua line-up ini membuktikan Epsonsangat peduli pada pendidikan di Indonesia dalam mengembangkan generasi anak didik yang cerdas dan cemerlang.

Segment Perkantoran/Bisnis

Pada segment perkantoran/bisnis, Epson Indonesia menghadirkan 11 model untuk mendukung kegiatan work from home maupun work from office, dengan4 line-up pada kategori Ultra Short-throw, di antaranya EB-735Fidan EB-725Wi untuk interaktif, kemudian EB-735Fdan EB-725W untuk non-interaktif.

Proyektor di kategori ini memiliki jarak tembak yang sangat dekat dan mampu menghasilkan gambar hingga 100” untuk interaktif dan 120” untuk non-interaktif. Pada jenis proyektor interaktif dilengkapi dengan fitur pen interactive dan fingertouch interactive, kemudian memiliki fitur digital white board dimana pengguna dapat menulis dengan pulpen interaktif dan juga dengan jari.

Produk ini sangat sesuai digunakan pada kondisi physical distancing, dimana dengan gambar proyeksi yang cukup besar maka peserta rapat dapat menjaga jarak satu sama lain tanpa harus kuatir tidak dapat melihat gambar dengan baik.

Pada konsep rapat virtual dengan konferensi video, proyektor ini menjadi pilihan yang tepat sebagai perangkat display karena kemampuan menghasilkan gambar proyeksi besar, dan fitur multi-locationdan interactive tools dapat membantu peserta meeting menjadi lebih interaktif dan kolaboratif, serta semua materi rapat dapat langsung di kirim melalui email, cetak ke printer Epson atau disimpan ke memori USB sehingga membuat rapat menjadi lebih produktif.

Selanjutnya pada line-up kedua Short Throw, Epson meluncurkan 2 model yakni EB-L200SX dan EB-L200SW yang memiliki jarak tembak yang dekat dan mampu menghasilkan gambar yang besar.

Proyektor ini sangat sesuai dengan kebutuhan rapat pada ruangan kecil dan berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Dilengkapi dengan berbagai koneksi yang lengkap seperti VGA, 2 buah HDMI, USB dan network yang membuat proyektor ini mudah dihubungkan dengan berbagai perangkat rapat.

Memiliki pengeras suara sebesar 16-wattyang membuat peserta rapat tidak membutuhkan tambahan speaker pada saat presentasi video. Proyektor ini memiliki tingkat kecerahan 3600lm untuk L200SX dan 3800lm untuk L200SW yang membuat proyektor mampu menghasilkan gambar proyeksi yang besar dan cerah.

Pada line-up Standard Throw, Epson meluncurkan 3 model sekaligus, yaitu EB-L200X, EB-L200W dan EB-L200F.

Di line-up ini memiliki tingkat kecerahan 4200lumens dan 4500 lumens, serta rentang resolusi XGA, WXGA dan FullHD. Proyektor ini sangat sesuai digunakan untuk ruangan rapat besar di lingkungan perkantoran.

Keseluruhan line-up di atas menggunakan sumber cahaya laser dengan usia hingga 20000 jam, sehingga pengguna dapat menghemat investasi dan tidak memerlukan penggantian lampu. Dengan mengandalkan teknologi 3LCD, jajaran proyektor ini akan mampu menghasilkan gambar yang cerah dan tajam sehingga warna yang terlihat pada proyeksi akan sama dengan warna pada materi presentasi di laptop.

Pengaturan gambar proyeksi dengan mudah dengan memanfaatkan fitur Auto Vertical Keystonedan Horizontal Keystone Slider. Dengan konektifitas Wirelessdan Miracast, pengguna dapat melakukan presentasi dengan menggunakan koneksi nirkabel dengan menggunakan iProjection, atau dapat juga menampilkan halaman perangkat cerdas dengan memanfaatkan fitur Miracast tanpa membutuhkan perangkat lunak tambahan. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna pada saat hendak memulai atau mengakhiri rapat.

“Dengan jajaran proyektorbisnisbaru ini, Epsonmenetapkan tolok ukur baru bagi presentasi bisnis dengankualitas tinggi, sehingga makin memperkuat posisi kepemimpinan di industridan pasar proyektor. Dengan kualitas warna yang tinggi, konektifitas mudah dengan Wireless dan Miracastserta ukuran gambar proyeksi besar dengan jarak tembak yang sangat dekat kami mengoptimalkan pengalaman presentasi yang secara keseluruhanakan lebih mudah, kolaboratif dan atraktif bagi pelanggan kami," ujar Zanipar S A Siadari, Visual Instrument & Printer Department Head PT Epson Indonesia.

"Kami sangat bangga dan antusias meluncurkan rangkaian produk ini, yaitu proyektor yang menggabungkan kualitas tinggi dan disertai fitur fitur canggih pada harga terjangkau yang dapat memenuhi kebutuhan lebih para pelanggan kami.”

Selain segmen pendidikan dan segmen perkantoran / bisnis, Epson juga mengamati bahwa segmen pengguna rumahan juga memiliki kebutuhan terhadap penggunaan proyektor pada saat menikmati waktu di rumah.

Pada masa pandemi, terdapat beberapa perubahan pada dunia hiburan dan juga kebiasaan orang-orangdengan lebih banyakmenghabiskan waktu di rumah.

Mengamati bahwa meningkatnya penggunaan internet yang bersamaan juga dengan peningkatan konsumsi konten video streaming dan film berlangganan, terutama pada masa pandemi saat ini.

Maka, Epson meluncurkan jajaran home cinema projectoryang sangat lengkap menyasar pengguna pecinta Cinemania, Home Entertainment dan Entertainment on the Go. Dan, di kesempatan kali ini, Epson meluncurkan jajaran Home Cinema Projector dengan sumber cahaya laser dan diperkenalkan dengan nama EpiqVision.

Segmen Hiburan

Pada segmen Home Entertainment, Epson meluncurkan 5 model sekaligus yaitu EF-100WATV dan EF-100BATV, EF-11 dan EF-12, serta EH-TW750. Empat model yang pertama diperlengkapi dengan sumber cahaya laser yang memberikan keuntungan hemat investasi pada penggunanya karena memiliki usia laser yang cukup lama 20.000 jam dan dengan rasio kontras 2.500.000:1.

Memiliki tingkat kecerahan 2000 lumens pada seri EF-100 dan 1000 lumens pada EF-11dan EF-12sangat memadai untuk penggunaan di dalam rumah atau di taman area rumah pada saat berakhir pekan.

Dengan resolusi gambarWXGA pada seri EF-100dan FullHD, danpada EF-11dan EF-12, proyektor akan mampu menghasilkan gambar yang cukup tajam dan detail. Hal yang sangat menarik pada seri EF-100dan EF-12 sudah memiliki perangkat Streaming Media Player yang sudah tersedia pada saat pembelian pertama, sehingga pengguna dapat dengan mudah menikmati kontenvideo dan film secara online tanpa membutuhkan perangkat lainnya.

PadaseriEF-100, pengguna dapat mengakses Netflix, Youtube, Amazone Prime secara langsung, serta mampu terkoneksi melalui Chromecastdan juga Miracast. Sedangkan pada, EF-12 pengguna dapat mengakses konten Youtube dan terkoneksi melalui Chromecast dan juga Miracast. Khusus untuk EF-12, sudah dilengkapi dengan 2 buah speaker Yamaha 5-watt dengan suara bass yang jelas dan kuat.

Karena kenyamanan bagi penggunasangat penting, maka Epsonpun memberikan garansi 3 tahun atau 12.000 jam, mana yang tercapai terlebih dahulu. Pada segmen Living Room, Epsonmeluncurkan 4 model terbaru yaitu EH-TW5820, EH-TW7000, EH-LS300Bdan EH-LS500B.

EH-TW5820dan EH-TW7000 sumber cahaya lampu dengan jenis pemasangan di plafon rumah, sedangkan EH-LS300Bdan EH-LS500B menggunakan sumber cahaya laser dan pada saat pemasangan cukup ditempatkan di atas meja atau kredensa di ruangan utama.

Kedua model ini memiliki jarak tembak yang sangat dekat dan mampu menghasilkan gambar proyeksi hingga 130”, sehingga membuat kedua proyektor ini sangat tepat digunakan di rumah untuk menikmati hiburan bersama keluarga.

EH-LS500B sudah dilengkapi dengan speaker stereo10W x 10W, dan mampu menghadirkan sensasi menonton film layar lebar di rumah. Pada kesempatan yang sama, Epson juga meluncurkan sebuah layar khusus home cinema dengan keuntungan mampu menolak cahaya acak yang sering sekali menganggu proyeksi.

Layar khusus ini adalah ELPSC35dengan ukuran 100” dan aspek rasio 16:9. EH-LS500B dan EH-TW7000 sudah memiliki fitur resolusi 4K Pro UHD yang memungkinkan proyektor menerima input sinyal 4K dan menampilkan gambar dengan resolusi 4K Pro UHD, setara 4K, dengan tingkat kecerahan mulai dari 2700 lumens hingga 4000 lumens, membuat jajaran proyektor ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk penggemar film layar lebar atau Cinemania.

Model lainnya yang melengkapi kebutuhan pengguna pada Home Cinema yang diperkenalkan adalah EH-TW 9400, sebuah seolusi Home Cinema untuk ruanganHome Theater di rumah Anda.

Seluruh model proyektor terbaru Epson akan tersedia dalam waktu dekat, dan untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs web www.epson.co.id atau distributor local Epson terdekat di lokasi Anda.(*/jpnn)

 

 

 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler