Era Samba Muda

Minggu, 03 Juli 2011 – 16:43 WIB

LA PLATA - Banyak perubahan yang dilakukan Mano Menezes sejak melatih timnas Brazil menggantikan Carlos DungaBukan hanya meninggalkan gaya bermain pragmatis dan kembali ke jogo bonito, tapi juga kepercayaan kepada pasukan muda.

Terhitung, hanya empat pemain yang berusia 30 tahun ke atas yang masih beredar di timnas Brazil

BACA JUGA: Jatim Sandingkan Gelar

Mereka adalah kiper Julio Cesar, bek Lucio, Luisao, dan playmaker Elano
Sisanya, adalah para pemain muda

BACA JUGA: Riedl Beri Kesempatan Boaz

Makanya, ini disebut sebagai Brazil era baru.

Hanya, yang menjadi masalah, pasukan muda Brazil ini belum mampu tampil konsisten
Kebetulan, seusai Piala Dunia 2010, Menezes memang selalu sibuk melakukan eksperimen dalam pemanggilan pemain ataupun strategi.

Nah, pada Copa America 2011 ini akan menjadi pembuktikan bagi Menezes dengan Brazil era baru yang diusungnya

BACA JUGA: Hasbi Selamatkan Muka Indonesia

Mereka akan bertarung dengan Venezuela pada partai perdana grup B di Estadio Ciudad de La Plata, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 02.00 WIB).

Soal reputasi, Venezuela jauh di belakang BrazilMakanya, di atas kertas, Brazil diyakini mampu mengatasi VenezuelaBahkan, mereka berpotensi menggelontor lawannya dengan banyak golApalagi, Menezes berencana memainkan strategi ofensif 4-2-1-3 dengan trisula lini depan Alexandre Pato, Neymar, dan Robinho.

Memang benar, dalam pertemuan terakhir kedua tim, Venezuela mampu menahan imbang tanpa gol di kandang Brazil pada 14 Oktober 2009 di ajang kualifikasi Piala Dunia 2010Hanya, yang patut dicatat bahwa ketika itu Brazil sudah memastikan tiket ke Piala Dunia 2010.

Yang menjadi masalah bagi Menezes adalah para pemain andalannya masih minim jam terbang di major tournamentBahkan, Ganso yang disiapkan sebagai playmaker menopang trisula lini depan baru sekali membela timnas Brazil.

Namun, Menezes berupaya memadukannya dengan menempatkan pemain berpengalaman seperti Julio Cesar, Lucio, dan Robinho, menemani para pemain mudaBila mampu mengatasi kegugupannya, maka Brazil diperkirakan bakal menghajar Venezuela.

"Kami akan menghadapi tim manapun dengan cara yang samaSaya punya deretan pemain muda yang butuh pengalaman sekaligus memiliki semangat yang berlipat," bilang Menezes, seperi dilansir Sambafoot.

Di sisi lain, Venezuela yang merupakan satu-satunya klub Amerika Selatan yang belum pernah tampil di Piala Dunia, tetap percaya diri meski menghadapi Brazil"Memang, tim baru Brazil itu sulit diprediksi, tapi kami yakin mampu mengatasinya," kata Cesar Farias, pelatih Venezuela(ham/aww)

Perkiraan Pemain

Brazil (4-2-1-3)
Pemain    : 1-Julio Cesar; 2-Alves, 3-Lucio, 4-Thiago Silva, 6-Andre Santos; 5-Lucas, 8-Ramires; 10-Ganso; 7-Robinho, 9-Pato, 11-Neymar
Pelatih     : Mano Menezes

Venezuela (4-3-3)
Pemain    : 1-Vega; 16-Rosales, 20-Perozo, 14-Lucena, 6-Cichero; 13-Seijas, 8-Rincon, 10-Orozco; 9-Maldonado, 23-Rondon, 18-Arango
Pelatih    : Cesar Farias

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas di Ambang Sekarat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler